Hari Pertama Operasi Zebra, Puluhan Kendaraan Kena Tilang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Rabu (23/10) sore sejumlah pengendara kendaraan bermotor khususnya roda dua dikagetkan dengan razia. Rupanya hari ini perdana dari pelaksanaan Operasi Zebra Tahun 2019 oleh Polres Probolinggo Kota melalui Satlantas yang berlangsung selama 14 hari ke depan.

Tujuan dari operasi untuk meningkatkan dan menumbuhkan kedisiplinan terhadap peraturan perundang-undangan lalu lintas namun guna meminimalisasi angka pelanggaran termasuk antisipasi curanmor.

“Ops Zebra 2019 merupakan operasi penindakan terhadap setiap bentuk pelanggaran lalu lintas. Selain menekan angka pelanggaran berujung kecelakaan juga antisipasi curanmor,” jelas Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota, AKP Tavip Haryanto di Jalan Raya Panglima Sudirman Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan.

Operasi ini dititikberatkan pada beberapa prioritas pelanggaran. Khususnya pelanggaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Di antara sasarannya, pengemudi menggunakan handphone, melawan arus, berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur. Juga pengemudi  dan  penumpang  sepeda  motor tidak menggunakan helm SNI hingga motor yang ditengarai curanmor.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat  selama pelaksanaan oprerasi zebra, untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan jadikan keselamatan sebagai kebutuhan. 

Berdasarkan pantauan PANTURA7.com, pelaksanaan pada hari pertama saja sudah menjaring puluhan kendaraan yang melanggar peraturan baik tidak membawa helm, SIM maupun STNK. Tentunya mereka akan diproses sesuai mekanisme. (*)


Penulis: Rahmad Soleh
Editor: Ikhsan Mahmudi


Baca Juga  Deteksi gangguan Kamtibmas, Polres Probolinggo Kota Luncurkan Polisi RW

Baca Juga

Angkutan Lebaran 2024, Terminal Bayuangga Berangkatkan 89 Ribu Penumpang

Probolinggo,- Selama angkutan lebaran H-7 hingga H+4, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah memberangkatkan 89 ribu …