Ratusan Pejabat Struktural dan Fungsional Dimutasi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak 120 orang pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dilantik dan diambil sumpahnya, di Pendopo Kabupaten Probolinggo, Jum’at (18/10/2019) pagi.

Pejabat struktural yang dimutasi terdiri dari 5 orang pejabat administrator (eselon III), 31 orang pejabat pengawas (eselon IV), 77 orang Kepala SDN, 6 orang Kepala SMP serta 1 orang pengawas sekolah.

Serah terima jabatan diwakili oleh Hari Pribadi dan Hariyanto sebagai Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo.

Selanjutnya Hari Pribadi akan menempati posisi barunya dan bertugas sebagai Camat Pakuniran. Sedangkan pejabat lama M. Yasin pindah posisi sebagai Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan, pelantikan ini hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

“Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan adalah kompetensi, pengabdian, kinerja, prestasi, inovasi dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab kepada negara,” kata Timbul.

Oleh karenanya, jelas Timbul, setiap pejabat hendaknya mempunyai kemauan yang kuat untuk memiliki wawasan yang luas dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan.

“Dengan demikian, diharapkan para pejabat dapat menjadi roda penggerak organisasi,” jelasnya.

Menurut Timbul, mutasi, promosi dan pengisian jabatan dalam mutasi tersebut dilaksanakan setelah melalui penilaian dan seleksi secara ketat dan arif oleh Tim Baperjakat terhadap kinerja dan pengabdiannya selama ini.

“Parameter utama yang digunakan bagi setiap pegawai melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, kinerja, prestasi/inovasi, integritas, loyalitas, moralitas, pangkat serta nilai pengabdian, komitmen dan kemampuan kolaboratif terhadap tugas dan tanggung,” terang Timbul. (*)

Baca Juga  Kampung Tangguh Sukokerto Sumbang Pasien Covid-19


Penulis : Moh. Rochim
Editor : Efendi Muhammad


Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …