Demi Perda, Bapemperda DPRD Kunker ke Jembrana

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pimpinan dan anggota Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Probolinggo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Kunjungan dilakukan untuk memperdalam wawasan dalam peningkatan kapasitas penyusunan regulasi daerah.

Bapemperda yang berjumlah sembilan orang dan ditemani Wakil Ketua DPRD, Fernanda Zulkarnain berangkat pada Senin (14/10) sore kemarin. Hal ini dibenarkan Ketua Bapemperda DPRD Kota Probolinggo dr Aminuddin SpOG.

Kepada PANTURA7.com, dokter spesialis kebidangan dan kandungan itu menjelaskan alasan memilih kunker ke Pulau Dewata. Dikatakan tujuannya memang untuk penyusunan Perda berkualitas, bukan yang lainnya semisal jalan-jalan.

“Kita kunker ke DPRD Jembrana Bali, alasannya karena memang secara teknis dan pengalaman mereka bagus. Baik dari sisi keilmuan, naskah akademik maupun kearifan lokal dan budayanya,” katanya, Selasa (15/10).

Politisi Gerindra ini menambahkan, DPRD Kabupaten Jembrana lebih lancar dalam penyusunan Perda karena memiliki tenaga ahli khusus penyusunan perda. Mereka didominasi kalangan akademika.

“Jadi di sana ada tenaga ahli yang diperbantukan sebanyak empat orang. Sehingga penyusunan Perda-nya lebih cepat namun terstruktur dan terencana dengan baik. Makanya dari sini nanti akan kami teruskan pada pimpinan dewan,” tambah Bang Amin, panggilan akrabnya.

Selain itu, kata pria kelahiran Palembang itu, idealnya DPRD dalam setiap tahun menyusun dua perda. Jika berjumlah tiga komisi, maka enam perda tiap tahunnya.

Rencananya besok Bapemperda sudah dijadwalkan tiba kembali di Kota Probolinggo untuk melakukan tindak lanjut pasca kunker. (*)


Penulis: Rahmad Soleh
Editor: Ikhsan Mahmudi


Baca Juga  Proyek RTLH di Probolinggo Dikeluhkan Pemilik Rumah

Baca Juga

Maaf! Tidak Ada WFH di Pemkot Probolinggo, ASN Wajib Ngantor

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo memutuskan untuk tidak menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Seluruh …