Empat Hari Terjebak Dalam Kanal, Hiu Paus Mulai Luka-luka

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Empat hari tertahan di dalam kanal air (water intake) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, Kabupaten Probolinggo, hiu paus yang terjebak sejak Kamis (12/9) mulai luka-luka. Dilaporkan ada 3 titik luka dibagian tubuh biota laut tersebut.

Kepala Seksi Program dan Evaluasi BPSPL Denpasar wilayah kerja Jawa Timur, Permana Yudiarso menjelaskan, luka pada bagian tubuh hiu paus terdeteksi setelah pihaknya melakukan observasi dan identifikasi bersama petugas PLTU Paiton dan Kementerian Perikanan dan Kelautan.

“Ada tiga titik luka yang kami temukan, meliputi pada bagian depan mata kiri, sirip dada kiri dan ekor belakang,” kata Yudiarso via sambungan seluler, Senin (16/9).

Menurutnya, sejak ditemukan terjebak dalam kanal, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (BPSPL KKP) sudah berulangkali melakukan upaya pengembalian hiu paus ke tengah laut.

“Beberapa kali hiu paus mencoba keluar dari saluran PLTU. Tetapi karena alirannya cukup tinggi, jadi tidak dapat kembali,” demikian Yudiarso menjelaskan.

Diketahui, hiu paus terjebak di kanal utama PLTU Paiton sejak Kamis (12/9) lalu. Di area proyek strategis masional ini terdapat 8 intake kanal dengan lebar sekitar 3 meter dan kedalaman 5 meter. Kanal memiliki kecepatan arus 12,6 km/jam per 1 intake.

Hiu paus yang terjebak dalam kanal air PLTU Paiton bukan kali pertama. Pada Februari 2015 silam, hiu paus berukuran 14 meter terjebak dalam kanal hingga mati. Keberadaan satwa dilindungi itu bahkan membuat produksi energi listrik terganggu.

Lalu pada akhir Agustus 2019, seekor hiu paus juga masuk ke kanal air PLTU Paiton. Namun ukuran tubuh hiu paus yang masuk kala itu relatif kecil dengan panjang sekitar 4,5 meter dan terlihat berenang di jarak 450 meter dari pintu air. (*)

Baca Juga  Antisipasi Bencana, Dibentuk Posko Tanggap Darurat Bencana

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Jaga Kebersihan Lingkungan, Belasan Armada Sisir Kawasan Lumajang selama Lebaran

Lumajang,- Untuk mengantisipasi membeludaknya sampah pasca Hari Raya Idul Fitrih 1445, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang …