4 Ribu Rumah Tangga Tersambung Jargas

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tahun 2019, Kabupaten Probolinggo mendapatkan jaringan gas sebanyak 4000 Sambungan Rumah (SR). Jumlah ini akan bertambah menjadi 10.000 SR, karena pada tahun 2020 mendapatkan tambahan sebanyak 6000 SR.

Hanya saja untuk sementara, fokus dari SR jaringan gas ini berada di wilayah Kecamatan Tongas dan Sumberasih. Proses jaringan pipa untuk sudah sampai ke rumah-rumah masyarakat, bahkan sudah bisa dimanfaatkan.

“Jaringan pipa induk sudah siap dan tinggal mengkoneksikan dengan jaringan SR saja,” kata Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Setda Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi, Minggu (25/8).

Menurut Susilo, proses pengerjaan pipa SR jaringan gas di wilayah Kecamatan Tongas dan Sumberasih hampir rampung. Pihaknya memastikan pada September 2019, sebanyak 4000 SR sudah bisa diresmikan agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Untuk pembangunan pipa induk MRS (Metering Regulating Station) ditempatkan di RSUD Tongas dan proses pembangunan hampir selesai. Sementara pembangunan RS (Regulating Station) sebanyak 5 (lima) titik sudah dalam tahap akhir,” elasnya.

Susilo menerangkan, untuk pipa dalam jaringan gas ini aman karena sudah SNI (Standart Nasonal Indonesia) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia Direktorat Jenderal (Dirjen) Migas (Minyak Bumi dan Gas).

“Keunggulan gas bumi dibandingkan dengan LPG bersubsidi tekanannya lebih rendah, sehingga lebih aman digunakan dalam rumah tangga. Selain itu, tingkat konsumsinya dalam sebulan bisa menghemat sampai 40% dari penggunaan biasanya,” papar dia.

Susila mencontohkan, misalnya dalam satu bulan rumah tangga yang menggunakan LGP 3 Kg menghabiskan sebesar Rp 74 ribu, maka jika menggunakan jaringan gas bisa hemat sampai 40%.

Namun ia menekankan, jaringan gas ini peruntukannya untuk rumah tangga dan bukan konversi dari LPG 3 Kg yang peruntukannya untuk keluarga pra sejahtera dan usaha mikro.

Baca Juga  Enam Kejuruan Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

“Ini adalah proyek vital nasional ke depan penggunaan gas untuk rumah tangga melalui saluran gas bumi. Nantinya ketika sudah diresmikan masyarakat akan diberikan bantuan kompor,” tutup Susilo. (*)

 

Penulis : Moch. Rochim
Editor : Efendi Muhammad

 

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …