Tekan Angka Stunting, Belasan Ribu Balita Ditimbang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Masalah ‘stunting’ bagi balita menjadi perhatian Pemkot Probolinggo. Di antara upaya pencegahan dengan penimbangan bertajuk Gerakan Serentak Timbang Balita (Gertak Talita) belasan ribu balita pada Kamis (8/8).

Balita sebanyak itu yang berasal dari llima kecamatan dijadikan satu di Kantor Kecamatan Wonoasih.

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), angka stunting di Kota Probolinggo pada tahun 2017 mencapai 30,4 persen. Meningkat dari dua tahun sebelumnya. Dimana, pada 2015 lalu ada 20,5 persen balita stunting dan bertambah pada 2016 di angka 27,6 persen.

Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengatakan, Gertak Talira untuk mempersiapkan generasi emas bangsa. Selain melakukan penimbangan berat badan, pemkot juga memberikan asupan gizi pada balita.

“Hal ini kami lakukan untuk mencegah stunting pada balita. Karena stunting bisa mempengaruhi kecerdasan otak dan pertumbuhan badannya,” jelas pria yang akrab disapa Habib Hadi ini.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati mengatakan, stunting pada anak dipengaruhi oleh 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Yakni  270 hari pertama dalam kandungan ditambah dua tahun kehidupan anak setelah dilahirkan.

“Pada 1.000 hari pertama bayi harus diperhatikan betul sisi nutrisinya karena itu menunjang pertumbuhannya kelak. Oleh karenanya gizi dan nutrisi bayi harus terpenuhi dengan baik,” jelasnya. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Kucuran Dana BLT DBHCHT Membuat Warga Tempeh Lumajang Tetap Sumringah Meski Terik Matahari Menyengat

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …