Disebut Gelembungkan Suara, KPU Kota Probolinggo Pantau Sidang MK

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini, Selasa (18/6/2019) kembali menggelar sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan Presiden 2019. Sidang yang dengan agenda mendengarkan jawaban termohon itu menjadi atensi nasional.

Tak terkecuali Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo, yang ikut memantau jalannya sidang. Kendati tak ada edaran resmi untuk memantau sidang MK dari KPU RI, KPU Kota Probolinggo tetap memantau.

“Kami berinisiatif bersama komisioner yang lain untuk memantau sidang lanjutan MK hari ini,” kata Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad udri saat melakukan pembongkaran kotak suara di Gudang KPU Selasa (18/6/2019).

Hudri menjelaskan, pihaknya diminta menyertakan barang bukti berupa hasil rekapitulasi sebanyak 14 jenis dokumen. Antara lain form DB1 (hasil rekapitulasi kabupaten/kota), form DA1 (hasil rekapitulasi tingkat kecamatan), dan DAA1 (hasil rekapitulasi tingkat desa / kelurahan).

“Secara prinsip kami terus mengikuti perkembangan sidang sengketa pilpres karena hal tersebut berkaitan dengan tugas penyelenggara pemilu sehingga kami selalu pantau perkembangannya,”ujarnya.

Lanjut Hudri, Kota Probolinggo tidak masuk dalam daerah yang dipersoalkan pada gugatan awal yang diajukan oleh tim kuasa hukum paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Namun demikian, Kota Probolinggo sempat dituding sebagai daerah tempat terjadinya penggelembungan suara oleh tim kuasa hukum paslon 02, Prabowo-Sandi.

“Yang jelas terkait itu kami sudah serahkan hasil ke Provinsi dan Pusat. Kami juga menunggu informasi dari KPU RI terkait hal itu,” tandasnya.

Diketahui Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang lanjutan PHPU di ruang sidang pleno Gedung MK di Jakarta dengan agenda mendengarkan jawaban termohon (KPU), keterangan pihak terkait (Joko Widodo-Ma’ruf Amin) dan keterangan Bawaslu. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Koalisi Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan Tolak RUU Omnibus Law Kesehatan

Baca Juga

Tata Ulang Sejumlah Program, Pj Wali Kota Probolinggo Butuh Rp15 M

Probolinggo,- Kunjungan Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, Minggu sore (17/3/24), dimanfaatkan oleh Pj Wali …