Terancam PKL Buah Bermotor, 3 Pedagang Pasar ‘Luruk’ DPRD

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tiga pedagang pasar meluruk DPRD Kota Probolinggo, Senin (13/5/2019). Mereka mengaku, terancam dengan beroperasi pedagang kaki lima (PKL) bermotor.

Tiga penjual buah yakni Abdul Hamid (60) , Mahur (61) dan Faisol Abdul Ghofur (58) mendatangi  DPRD. Mereka mengadu lantaran lapaknya selalu sepi tersaingi keberadaan PKL buah.

Sempat terjadi ketegangan karena salah paham. Abdul Hamid (65) tersinggung lantaran Sekretaris Komisi 2, Syaifuddin enggan menerima ketiganya secara dinas. Mengingat ketiganya datang dadakan, bukan atas undangan pimpinan DPRD.

Hamid sempat tersinggung dengan pernyataan Syaifuddin yang tidak akan menerima mereka. “Saya datang ke sini karena Sampeyan wakil rakyat. Lantas apa gunanya dewan kalau kami tidak diterima. Ini gedung rakyat, kenapa rakyat tidak diterima,” protes Hamid.

Pedagang lain, Faisol mengaku, kedatangannya ke gedung wakil rakyat, untuk memberitahukan kondisi pasar Gotong Royong. Disebutkan, penghasilan pedagang buah Pasar Gotong Royong terjun bebas, akibat tidak ada pembeli.

Bahkan, penghasilannya tinggal 10 persen lantaran warga beralih ke PKL buah dengan kendaraan roda tiga dan empat.

“Penghasilan kami hilang turun 90 persen. Jadi kalau ngulak langsep 100 kilo, hanya laku 10 kilo. Yang 10 Kg kami buang karena rusak dan busuk lantaran lama lakunya,” ujar Faisol.

Mewakili para pedagang buah ia meminta, pemkot dan DPRD lebih serius menertibkan pedagang buah menggunakan kendaraan bak terbuka. Mengingat, berdampak sekali pada pedagang buah Pasar Gotong Royong.

Sejak awal Saifuddin tak bermaksud menolak kedatangan Hamid dan 2 rekannya. “Coba dengarkan, Saya tetap menerima Sampeyan. Tapi secara pribadi. Kalau kelembagaan, ada prosedurnya. Tidak tiba-tiba datang ke sini,” ucap Syaifuddin.

Menanggapi keluhan tersebut Syaifuddin akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama OPD terkait. Asal, keluhan pedagang Pasar Gotong Royong ditulis dan dikirim ke pimpinan dewan. (*)

Baca Juga  Hore! Petani Probolinggo Mulai Tanam Tembakau

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …