BPBD kab. Probolinggo bersama Tagana kerja bhakti di lokasi terdampak puting beliung. (Foto : BPBD Kab. Probolinggo for P7.com).

Puting Beliung Terjang 3 Desa, BPBD-Tagana Kerja Bhakti

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin puting beliung menerjang 3 desa di Kecamatan Wonomerto, Sabtu (23/3/2019) siang. Akibatnya, beberapa pohon tumbang dan sejumlah rumah rusak.

Tiga desa yang terdampak adalah Desa Pohsangit Lor, Pohsangit Ngisor dan Kareng Kidul. Terjangan puting beliung bahkan merobohkan pohon dan menimpa atap rumah milik Hamid dan masjid di Desa Pohsangit Lor Kecamatan Wonomerto.

“Puting beliungnya cepat, tidak sampai lima menit. Kami sempat panik dan keluar rumah, untung saja tidak ada korban,” kata Hamid seusai kejadian.

Sementara, pasca terjadinya angin puting beliung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo bergerak ke lokasi kejadian. Selain mendata kerusakan, petugas bergotong royong melakukan perbaikan.

“Personil mendatangi lokasi dan melakukan pembersihan material pohon tumbang yang juga menutup beberapa ruas jalan desa,” Kata Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi, Minggu (24/3/2019).

Pihaknya, lanjut Anggit, tak sendiri melainkan bekerja sama dengan Tagana dan Forkopimka Wonomerto serta masyarakat. Petugas gabungan ini kerja bhakti membenahi masjid yang terdampak angin puting beliung di Desa Pohsangit Lor, Kecamatan Wonomerto.

“Saat ini masih dilakukan assessment, selanjutnya akan dikaji langkah-langkah yang harus dilakukan oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) mana sesuai tupoksinya masing-masing,” tegas Anggit. (*)

 

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Peduli Sulteng, PKH Kota Probolinggo Kirim Bantuan

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …