BPBD Tambah 16.000 Masker untuk Kecamatan Sumber

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Erupsi Gunung Bromo berdampak pada hujan abu vulkanis di sejumlah desa di Kecamatan Sumber. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo kembali membagikan masker kepada warga di Kecamatan Sumber.

Sebanyak 16.000 masker tambahan dan dua buah terpal kembali dibagikan pada Kamis (21/3/2019). Bantuan tersebut didistribusikan untuk warga di sejumlah desa seperti, Wonokerso, Sumberanom, Ledokombo dan Pandansari.

Bantuan tersebut, kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi, sebagai upaya antisipasi. Karena dua hari berturut-turut abu vulkanik mengarah ke beberapa desa di Kecamatan Sumber.

“Kami telah membagikan masker di sejumlah titik lokasi yang terkena hujan abu. Kemarin 12.000 sekarang 16.000 masker,” ujar Anggit.

Dengan tambahan masker tersebut, ia berharap warga bisa melakukan antisipasi sejak awal. Termasuk tetap beraktivitas dengan menggunakan masker.

“Tetap beraktivitas namun alangkah baiknya menggunakan masker. Karena jika dibiarkan lama-lama ya tetap bahaya,” tandasnya.

Anggit mengimbau agar masyarakat di sekitar Gunung Bromo maupun wisatawan tidak memasuki kawasan dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Virus 'Lato-lato' Serang Ternak di Probolinggo, Ini Fatwa MUI

Baca Juga

Bulan Ramadan, Kunjungan Wisatawan Bromo Turun Drastis

Probolinggo,- Kunjungan wisatawan Gunung Bromo di bulan Ramadan menurun dibandingkan bulan sebelumnya. Meski demikian, diprediksi …