Abu Bromo ‘Hujani’ Sumber, BPBD Bagikan 12.000 Masker

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Abu vulkanis dari Gunung Bromo kali ini mengarah di beberapa desa di Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo seperti, Desa Wonokerso, Sumberanom, Ledokombo dan Pandansari. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat pun membagikan 12.000 masker kepada warga di Kecamatan Sumber.

Tercatat bantuan masker tersebut diserahkan melalui Kabid Kedaruratan dan Logiatik BPBD, Sugeng Suprisayoga. Masker dibagikan untuk warga dan ke sejumlah sekolah untuk menunjang aktivitas belajar anak-anak maupun saat berada di rumahnya.

“Kami sudah siapkan masker untuk kebutuhan masyarakat sebagai langkah antisipasi mengurangi dampak abu vulkanis Gunung Bromo di beberapa desa terdampak,” kata  Kepala BPBD Probolinggo,  Anggit Hermanuadi di Probolinggo, Rabu, (20/3/2019).

Selain membagikan masker, BPBD Probolinggo juga mengimbau wisatawan dan warga tidak masuk atau menerobos dalam radius 1 kilometer dari kawah Gunung Bromo.

“Ini demi keselamatan warga dan wisatawan sendiri sesuai dengan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),” lanjut Anggit.

Diketahui pembagian 12.000 masker ini merupakan tindak lanjut atas semburan abu vulkanik yang mengarah ke beberapa desa di Kecamatan Sumber.

Hingga kini status Gunung Bromo masih Level II atau Waspada. BPBD dan PVMBG masih terus memantau kondisi Bromo baik di pos pantau maupun jalur evakuasi. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Vaksinasi Covid-19 di Kebun Raya Purwodadi Diserbu Ribuan Orang, Sebagian Tidak Kebagian

Baca Juga

BPBD Lumajang Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Bencana Saat Perubahan Cuaca

Lumajang,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mengimbau masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrim seiring peralihan …