Limbah PT AFU Dikeluhkan, DLH Jatim Turun

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Persoalan limbah dari PT Amak Firdaus Utama (AFU), pabrik bata ringan yang limbahnya dikeluhkan warga Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo mendapat tanggapan. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur dan Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) akhirnya turun ke lokasi.

Kedua instansi itu meninjau dan mendatangi langsung lokasi yang dikeluhkan warga, Rabu (20/03/2019). Warga pun menunjukkan beberapa dampak dari limbah PT AFU.

Suprianto (43), warga Sukabumi mengatakan, dampak dari Industri tersebut sangat terasa pada warga sekitar. Dari ikan tambak banyak yang mati dan pencemaran udara hingga retaknya dinding rumah warga akibat aktivitas pabrik yang terlalu dekat dari permukiman.

“Di sini ada sekitar 150 kepala keluarga yang merasakan dampaknya yaitu dari pencemaran udara hingga dinding rumah yang retak dan ditambah lagi akibat limbah dari pabrik itu banyak ikan di tambak yang mati,”ucapnya di hadapan awak media.

Sementara itu Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas ( Pokmaswas) Mina Bubu, Mastuki (51) secara rinci menceritakan, sejak 2013 PT  AFU beroperasi. Sejak itu pula masyarakat  sudah mengajukan permohonan pada pemerintah terkait penindakan limbah dari pabrik tersebut, namun hingga kini tidak ada solusi konkrit.

“Bagi kami ini sudah meresahkan masyarakat, apalagi dekat dengan laut dan tambak. Sehingga ikan di tambak banyak yang mati, padahal ini masuk wilayah konservasi. Lokasi pabrik ini dekat sekali dengan laut dan tambak. Kami minta izinnya dicabut,” tegasnya.

Namun pihak DLH dan Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan tidak berkenan memberikan keterangan terkait hasil dari peninjauan tersebut. “Maaf ya, kami di sini memverifikasi lapangan saja, nanti masih berlanjut lagi,” singkat salah satu petugas  DLH Provinsi yang enggan disebut namanya. (*)

Baca Juga  Lawan Virus Corona, Ini Cara Warga Gending

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …