Santunan Kematian Lama, Walikota Sidak Dispendukcapil

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Lamanya warga Kota Probolinggo dalam mengurus santunan kematian langsung disikapi Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin. Walikota pun melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dispendukcapil untuk memastikan alur administrasi tak rumit.

Walikota tak sendiri tetapi ditemani Wawali M. Soufis Subri dan Asisten Ekonomi Pembangunan Ahmad Sudiyanto. Kedatangannya tak diduga, membuat warga yang tengah mengurus berkas di Dispendukcapil di Jalan Mastrip kaget.

Sambil membawa berkas milik warga, Walikota yang akrab disapa Habib Hadi melihat proses input data oleh staf Dispendukcapil. Ternyata tak sampai 30 menit akta kematian, update kartu keluarga dan update KTP elektronik pun tercetak.

Ia melihat, secara administrasi di Dispendukcapil tidak membutuhkan waktu yang lama. Hal ini juga didukung BPPKAD yang menyatakan, tak butuh waktu lama memroses berkas pengajuan santunan kematian.

“Meninggalnya malam, besok siangnya langsung urus, tidak perlu lama-lama. Nanti dari BPPKAD sudah beres langsung dicairkan oleh bank,” ucap Habib Hadi, Jumat (15/3/2019).

Pihaknya membenarkan kedatangannya untuk melihat pelayanan untuk mempercepat santunan kematian. Saat ini, pihaknya tengah mencari kendala kelambatan santunan kematian bagi warga Kota Probolinggo.

“Di tingkat RT dan RW terlambat lapor. Dispendukcapil bisa segera mengomunikasikan kepada lurah supaya tidak ada waktu yang terlalu panjang. Sehingga santunan bisa cepat ke masyarakat. Target saya tiga hari sudah tersampaikan ke masyarakat,” tegasnya.

Ia melanjutkan, jika  Dispendukcapil, BPPKAD dan perbankan sudah siap, maka RT/RW harus sigap dan tanggap.

“Kalau keluarga tidak lapor, maka RT/RW bisa melaporkan ke Capil. Proses ini lambatnya di lapangan. RT/RW harus pro aktif ke kelurahan, Capil lalu ke BPPKAD,” pungkasnya. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Hore! Pasar Tugu Kota Probolinggo Dibuka Kembali

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …