Jalan Brantas Pilang Jadi Langganan Banjir, Ini Penyebabnya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Hujan deras yang terjadi selama musim penghujan, membuat Jalan Brantas di Kelurahan Pilang, Kademangan, Kota Probolinggo jadi langganan banjir. Wakil Walikota M. Soufis Sobri pun, melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk mengetahui penyebab banjir musiman tersebut.

Dari sidak ini, diketahui penyebab tumpulnya saluran air ke sungai yang berasa disisi jalan, karena saluran terhambat oleh bekas urukan bahan bangunan alias cor-coran. Cor-coran itu menyumbat hampir seluruh lubang saluran.

“Ini kan seringkali dikeluhkan masyarakat, makanya saya datangi langsung biar tahu akar permasahalannya. Ternyata ada bekas bahan bangunan, sedangkan sisi barat selokan kurang maksimal,” ucap Subri seusai sidak, Sabtu (2/3/2019).

Salah satu jalan yang sering terkena banjir saat hujan melanda. (Foto : Rahmad Soleh)

Atas hal itu, pihaknya melalui stake holder terkait melakukan pembersihan bahan bangunan yang menghambat saluran ke sungai tersebut. Ia juga menghimbau masyarakat sekitar menjaga saluran pembuangan air jalan tersebut agar tidak kembali tersumbat.

“Kalau sudah dibersihkan tolong hal ini dijaga, kesadaran masyarakat sangat diperlukan. Tolong juga untuk tidak membuang sampah di sungai karena dampaknya bisa meluas,” tandasnya.

Sementara itu, sejumalh pengendara yang sering melewati area sekitar mengaku harus berhati-hati jika hujan deras menimpa. Pasalnya air seringkali tergenang sekitar 50-10 cm, ya g berpotensi mematikan mesin kendaraan, terutama kendaraan roda dua.

“Ya sering mas, jalannya selalu tergenang air kalau hujan deras. Saya denger tadi dicek Pak Wakil Walikota, ya Alhamdulillah,” kata pengendara motor yang enggan disebutkan identitasnya ini. (*)

 

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Libatkan 21 Polsek, Sapi Dicek Setiap Hari

Baca Juga

Januari-Mei, 8 Kecelakaan Terjadi di Perlintasan Sebidang Wilayah Daop 9 Jember

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember mencatat, sejak Januari hingga Mei 2024 …