Urai Macet di Pasar Baru, Parkir Direlokasi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kesemrawutan lalu lintas (lalin) yang sering kali terjadi di kawasan Pasar Baru, Kota Probolinggo dikeluhkan warga. Untuk mengurai kemacetan dilakukan uji coba rekayasa lalin dengan relokasi parkir.

“Uji coba dengan relokasi parkir ini kami lakukan dalam dua minggu ke depan,” Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumadi, Selasa (19/2/2019).

Dishub dibantu Satlantas Polres Probolinggo Kota mulai Selasa pagi melakukan uji coba rekayasa lalin berupa relokasi parkir kendaraan roda dua dan roda empat.

Jika sebelumnya kendaraan roda dua bisa parkir di sisi utara jalan di seberang Pasar Baru harus sedikit bergeser ke timur. Selain itu  ada space parkir di sisi depan dan selatan pintu masuk pasar. Selain itu parkir roda dua juga dari pintu masuk Ruko Pangsud sisi utara hingga ke timur.

Sedangkan untuk roda empat berada di sisi selatan jalan. Sedangkan para pedagang dan becak juga harus steril di sisi utara pasar. Mereka kini berada di depan pintu masuk Pasar Baru.

Upaya ini menurut Sumadi sebagai upaya pemecah kebuntuan atas keluhan masyarakat terkait kemacetan lalin di areal Pasar Baru. Namun pihaknya menyebut masih dalam uji coba.

“Uji coba berupa rekayasa dengan relokasi kendaraan untuk mengurai kemacetan. Ini dilakukan dalam dua minggu ke depan,” kata Sumadi.

Jika masih ditemukan pelanggaran selama uji coba pihaknya belum bisa memberikan tindakan. Pasalnya masih uji coba dan sifatnya imbauan.

Wakil Walikota M. Soufis Subri yang saat itu berada di lokasi, berharap hal ini efektif mengurai kemacetan. Politisi Partai Demokrat ini menegaskan, upaya itu bukan tugas pemerintah saja.

“Upaya ini bisa lebih efektif jika semua elemen sama-sama bekerja sama. Tidak hanya kami pemerintah namun juga masyarakat. Itu harapan yang kami inginkan,” kata Subri.

Baca Juga  Pupuk Subdisi Langka, Petani Tuding Pendataan Pemkab Lumajang Semrawut

Untuk mendukung pelaksanaan uji coba relokasi pakir, Dishub dibantu personel Satlantas Polres Probolinggo Kota. Sebanyak sembilan petugas akan disiapkan secara bergantian di areal Pasar Baru. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Cegah Kecelakaan Kendaraan Berpenumpang, Polisi di Kota Pasuruan Cek Kelayakan Bus

Pasuruan,- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pasuruan Kota melakukan ramp check (pemeriksaan fisik kendaraan) bus …