Belajar di Klenteng, Siswi SMP Islam Praktikkan Toleransi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebagai wujud penanaman sikap toleransi, siswi SMP Islam di Kota Probolinggo justru belajar di klenteng. Hal itu dilakukan 20 siswi kelas VII SMP Islam Terpadu (IT) Permata pada Sabtu (16/2/2019) di halaman Tempat Ibadah Tri Dharma (TIDD) atau Klenteng ‘Sumber Naga’.

Sejak pagi , para siswi tersebut tampak serius meski tak ada bangku dan kursi. Mereka tengah mengerjakan Ulangan Harian mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN).

Sang guru Feni Widianti yang saat itu memandu, memberikan arahan pada siswinya. Pada PANTURA7.com, dikatakan  belajar di tempat ibadah non muslim menurutnya bentuk toleransi umat beragama.

“Jadi kita tanamkan nilai toleransi bagi para pelajar. Biar mereka tahu suasananya bagaimana, lalu biar tahu apa kebiasan warga Tionghoa beribadah apalagi mata pelajaran PPKN,” ucapnya Sabtu (16/2/2019).

Sekolah yang beralamat di Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan ini, masih pertama kali mengajak anak didiknya di tempat tak biasa. Rencananya hal itu akan dilakukan secara rutin sebagai bentuk keharmonisan dalam hidup beragama.

“Selain menanamkan jiwa toleransi, kami juga mengenalkan budaya Tionghoa seperti barongsai dan sebagainya. Apalagi momentumnya masih Tahun Baru Imlek,” tandasnya.

Siswi Kelas VII, Fajrin Hidayatilah mengaku, senang belajar di halaman Klenteng Sumber Naga ini. Ia yang saat itu sempat bertanya soal, mengaku senang dan asyik dengan suasana belajar ‘outdoor’.

“Senang sekali bisa tahu budaya non muslim, sehingga kita bisa bisa belajar mengenal toleransi,” singkatnya. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Terungkap, Dua Jambret di Pajarakan Merupakan Residivis

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …