Terhempas Ombak, Kapal Milik Warga Kalibuntu Tenggelam

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Cuaca buruk yang terjadi di wilayah Kabupaten Probolinggo beberapa hari terakhir, tak hanya menerjang pemukiman warga. Sejumlah kapal motor (KM) yang bersandar di tempat pelelangan ikan (TPI) di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, juga porak-poranda akibat cuaca laut tak bersahabat.

Dampak terparah terjadi pada kapal milik pasangan suami istri (pasutri) Salimun (45) dan Homsiah (40) warga Desa Kalibuntu. Kapal motorpenangkap ikan ini rusak parah, bahkan sempat tenggelam pasca dihantam gelombang besar.

Kapal seharga Rp.150 juta itu dihantam ombak besar saat parkir di perairam TPI Kalibuntu, pada Rabu (23/1/2019) sekitar pukul 21.00 WIB. Siang hari sebelumnya, kapal memang tidak berlayar karena cuaca di perairan selat madura tengah memburuk.

“Saat itu memang gelombang air laut besar, sampek masuk ke pemukiman. Kapal saya rusak setelah terbentur kapal milik nelayan lain yang diparki. Talinya putus, lalu terbentur dengan kapal saya,” kata Salimun, Kamis (24/1/2019).

Akibat benturan itu, bodi kapal sisi kiri rusak dan dak kapal bocor. Akibatnya, kapal tenggelam sehingga seluruh barang dan peralatan di dalam kapal terbawa ombak. Kapal berhasil diselamatkan setelah air laut berangsur surut.

“Pagi harinya, baru kami ketahui kalau kapal tengelam. Barang dan peralatan di dalam kapal saat itu sudah gak ada,” terang Salimun saat ditemu di kediamannya.

Sementara Homsiah menjelaskan, bangkai kapal selanjutnya akan dijual karena sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki. Namun, sejauh ini ia belum menemukan harga yang pas dengan kondisi kapal.

“Tapi masih bingung mau dijual kemana, sempat saya pasang harga Rp. 10 juta tapi ditawar Rp. 5 juta. Sedangkan kalau diperbaiki, kami butuh biaya sekitar Rp. 25 juta,” terang Homsiah. (*)

Baca Juga  Hilang 2 Hari, Nelayan asal Lekok Ditemukan Tewas

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Jembatan Gondoruso Lumajang Diterjang Lahar Hujan, Aktifitas Warga Dua Desa Lumpuh

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru yang terjadi pada Kamis (18/4/2024) malam, membuat sejumlah jembatan …