Habib Hadi Ingin NU Kota Probolinggo Jadi Sentra Dakwah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Probolinggo menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) untuk 17 lembaga, pada Minggu ( 20/1/2019) di Kantor P2SKP Mayangan.

Dalam Muskercab yang dihadiri Rois Syuriah KH Mas Lubabul Khoir, 17 lembaga membacakan program kerja sekaligus pelantikan MWCNU. Beberapa program unggulan diantaranya meliputi konsentrasi dakwah, pendidikan, kesehatan dan ekonomi kreatif.

“Semua lembaga membacakan program kerja mereka sendiri. Namun konsentrasi kita dibidang dakwah, pendidikan, kesehatan ekonomi kreatif. Hal ini untuk menguatkan peran NU di Kota Probolinggo,” kata Ketua PCNU Kota Probolinggo, Samsur.

Dalam bidang dakwah, jelas Samsur, NU tak hanya menyentuh kalangan pesantren, namun juga penguatan sisi pengemasan dakwah yang kental dengan konteks kekinian. Diantaranya syiar melalui media sosial dan pemanfaatkn teknolgi terbarukan.

Dalam bidang kesehatan, lanjut Samsur, pihaknya berupaya memaksimalkan peran Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU).  Namun realisasi hal ini memang memerlukan waktu dan proses yang tidak bisa secepat kilat.

Walikota dan Wakil Walikota terpilih, Hb. Hadi Zainal Abidin – M. Soufis Sobri saat menghadiri Muskercab PCNU Kota Probolinggo (Foto : Rahmad Soleh)

“Penguatan dakwah termasuk pendidikan menjadi perhatian utama.Radikalisme sudah masuk di dunia pendidikan termasuk perguruan tinggi. Makanya melalui Pergunu kita maksimalkan dengan menggandeng Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama,” tanbahnya.

Di sektor ekonomi kreatif, papar dia, PCNU berupaya memaksimalkan UMKM maupun NU Mart, yang saat ini tengah dalam proses penyusunan. “Kami berharap peran serta pemerintah yang akan datang, apalagi Walikota yang bru dari kader NU,” harapnya.

Sementara Walikota terpilih, Habib Hadi Zainal Abidin yang hadir bersama Wakilnya M. Soufis Sobri mengaku akan mendukung penuh kegiatan dan progran kerja PCNU Kota Probolinggo. Ia bahkan mengajak semua lembaga memaksimalkan program kerjanya.

“Tentunya program kerja PCNU kami support, PCNU bisa menjadi mitra Pemkot Probolinggo untuk sama-sama membangun daerah,” ucap Habib Hadi.

Baca Juga  Miskin, Sakit, Tak Berlistrik, Keluarga Ini Dikunjungi Walikota

Politisi PKB ini berharap, NU di Kota Probolinggo menjadi sentra pengetahuan dibidang keagamaan. “Dengan semangat tinggi dan didukung SDM mumpuni dari kader NU, saya berharap NU menjadi sentra ilmu pengetahuan khususnya keagamaan,” pungkasnya. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Bangun Ekonomi Inklusif Berkelanjutan, Pemkab Lumajang Buka Pelatihan Kerja Gratis

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), membuka pelatihan kerja untuk meningkatkan …