Ribuan Ulat Jati ‘Teror’ Warga Sumberkare

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Warga Desa Sumberkare, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo diserbu ribuan ulat. Ulat berwarna hitam yang berasal dari pohon jati  itu membuat warga harus berhati-hati jika melintasi jalan karena binatang ini bergelantungan di pohon dan jatuh ke jalan.

Pantauan PANTURA7.com, di Dusun Gedangan, Desa Sumberkare misalnya, ribuan ulat menempel di pohon jati, bahkan sampai bersarang di tembok bangunan dan drum di gudang milik warga sekitar.

Warga setempat, Hasim (29) menuturkan, sudah semingguan ulat dari pohon jati itu terlihat. Warga yang alergi merasa geli dan gatal. Kendati tak begitu berbahaya, namun ulat menyerang gudang bangunan tempatnya bekerja.

Warga Sumberkare menunjukkan ulat jati yang menyerbu pemukiman. (Foto : Rahmad Soleh).

“Sudah semingguan ini ulat-ulat itu muncul. Ini dari pagi terlihat menggerombol di gudang toko bangunan saya. Sebenarnya tidak berbahaya, tapi kalau yang takut bisa geli atau alergi,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Barsyam (47). Ia yang saat itu melewati pepohonan jati tampak berhenti dari motornya. Ia harus membersihkan badannya yang terkena ulat agar terhindar dari gatal-gatal.

“Ya geli aja lihat ulat soalnya jatuh dari pohon. Makanya saya berhenti bersihkam ulat, itu kan dari pohon jati turun ke jalan,” tutur Barsyam.

Begitu juga dengan Misti (45). Perempuan pejalan kaki ini mengaku, takut dengan ulat pohon jati itu. “Ya takut, banyak sekali soalnya. Memang kecil tapi geli dan gatalnya itu yang bikin saya takut,” tandasnya. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh
Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Hujan Deras Longsor Timpa 2 Desa di Probolinggo

Baca Juga

Naik 15 Persen, KAI Daop 9 Jember Angkut 208.798 Penumpang

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember selama 22 hari angkutan lebaran melayani …