10 PPK Tambahan dan 4 PPS PAW Dikukuhkan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo melantik dan mengukuhkan 10 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) baru. Tak hanya itu, KPU juga melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) 4 Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Dengan adanya penambahan ini maka jumlah anggota PPK di Kota Probolinggo dari sebelumnya 15 menjadi 25 orang. Penambahan PPK ini dalam rangka menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018 tanggal 23 Juli 2018,” ujar Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri seusai pengukuhan, Rabu (2/1/2019).

Hal ini menindaklanjuti putusan MK yang menyebutkan bahwa jumlah anggota PPK pada Pemilu 2019 sebanyak 5 orang per kecamatan. Sehingga KPU Kota Probolinggo harus menambah dua PPK lagi, karena pada perekrutan sebelumnya hanya tiga PPK yang direkrut per kecamatan.

“Kami berharap penambahan dua anggota PPK dapat meningkatkan kinerja, soliditas, dan memperkuat kelembagaan internal PPK. Sehingga makin siap melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajibannya serta mampu memfasilitasi pelaksanaan pemilu yang akuntabel, berintregritas, jujur, dan adil pada Pemilu 2019,” ujarnya.

Tugas PPK sendiri di antaranya untuk melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan. Juga melakukan dan mengumumkan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu berdasarkan berita acara hasil penghitungan suara di TPS.

Pelantikan 10 PPK itu dihadiri Maulana dan Judul Baiti sebagai anggota PPK Wonoasih, M. Fathur Rohim dan Ahmad Siddiq anggota PPK Mayangan, Ahmad Farisi dan Abdul Hamid sebagai anggota PPK Kedopok, Anton dan Suyono sebagai anggota PPK Kademangan, serta M. Yusuf dan Eko Hari Cahyo sebagai anggota PPK Kanigaran.

Tak hanya pelantikan PPK, KPU juga melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) pada Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 4 orang. Mereka adalah PPS Kelurahan Wiroborang, Nico Andi Pradana menggantikan Ahmad Siddiq, serta Suwoto menggantikan Titan Mega.

Baca Juga  Jelang Idul Adha Harga Daging Ayam Turun

PPS Kelurahan Pohsangit Kidul dari Anton digantikan oleh Imam Muttaqin, PPS Kelurahan Kebonsari Wetan dari Muhammad Fathullah Affandi d igantikan oleh Nur Alfi, dan PPS Kelurahan Pakistaji dari Saiful Fredy digantikan Mulyono. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Penuhi Kebutuhan Panwascam, Bawaslu Kota Probolinggo Buka Pendaftaran 

Probolinggo,- Tidak hanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo yang membuka pendafatarn badan Adhoc (PPK), …