Sambut Nataru, PT KAI Siapkan Rangkaian Baru

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2019, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai hari ini melakukan perubahan stamformasi atau perubahan rangkaian KA. Stamformasi dilakukan pada KA Mutiara Timur Malam relasi Banyuawangi-Surabaya yang melewati Probolinggo.

Humas PT. KAI  DAOP 9 Jember Lukman Arif saat dikonfirmasi mengatakan, pergantian itu dilakukan guna meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kepada pengguna jasa KA Mutiara Timur  malam relasi Banyuwangi – Surabaya Gubeng.

Dalam stamformasi ini, PT KAI menggunakan rangkaian New Image (Stainless Steel), pada KA Mutiara Timur malam. Pergantian dimulai tanggal 16 Desember 2018 dan rangkaian KA Mutiara timur malam mulai tanggal 18 Desember 2018.

“Ini program dari PT KAI untuk memperbarui armadanya, meningkatkan keselamatan, keamanan serta kenyamanan bagi pelanggan setia KA Mutiara timur, khususnya menjelang angkutan Natal 2018 dan Tahun baru 2019,” kata Lukman, Minggu (16/12/2018).

Rangkaian baru yang disiapkan oleh PT KAI menyambut lonjakan penumpang saat Natal dan Tahun Baru 2019.(Foto : Rahmad Sholeh)

Okupansi atau tingkat keterpenuhan penumpang, klaim Lukman, KA Mutiara Timur cenderung bagus. Untuk hari-hari biasa, rata-rata terpenuhi 80%, Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur, okupansinya hampir 100% dari total kapasitas tempat duduk.

“Rangkaian KA Mutiara timur new image nantinya terdiri dari 4 kereta kelas eksekutif, 3 kereta ekonomi, 1 kereta makan dan 1 kereta pembangkit dengan kapasitas 392 tempat duduk,” jelasnya rinci.

Lukman memprediksi, jumlah penumpang selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) sejumlah 151.291. Kalkukasi ini meningkat 3 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. “Tahun lalu sebanyak 146.176 penumpang,” tutup Lukman. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Santriwati Korban Pencabulan Kiai di Gading Bertambah

Baca Juga

Dampak El Nino, Cuaca Siang Masih Terik meski Turun Hujan

Probolinggo,- Meski saat ini Kota Probolinggo sudah masuk musim penghujan, namun suhu masih terasa terik …