Pemasangan Girder Jembatan Randumerak Kembali Diundur

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pemasangan balok girder di jembatan Randumerak, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, kembali diundur. Penundaan dilakukan karena timbunan ambles akibat tak kuat menopang crane pengangkat girder.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII wilayah Probolinggo-Situbondo Andhika Tommy Ardiyansyah menjelaskan, dalam pemasangan 6 balok beton tersebut titik tumpu terpusat (crane hidrolis) di sisi timur membuat imbunan ambles.

“Beda dengan crane barat yang berjenis roda besi (track), jadi timbunan aman. Kami berusaha memperbaiki titik tumpu sebelah barat dengan perkuatan menggunakan Cement Treated Base supaya lebih kuat menahan beban crane,” kata Andhika, Jum’at (14/12/2018).

Jadwal pengerjaan kembali, Andhika melanjutkan, belum diketahui kapan bisa dilanjutkan kembali. “Masih belum bisa dipastikan, kami masih akan berkoordinasi dengan Kasatlantas Polres Probolinggo,” Andhika menjelaskan

Meski dua kali crane berbobot 150 ton itu menggagalkan pemasangan girrder, namun pihak kontraktor belum ada rencana untuk mendatangkan crane pengganti. Sebab, akan semakin menguras waktu dan biaya.

“Karena waktu, kalau nukar (crane, red) butuh waktu. Makanya kita berusaha memperkuat tumpuannya,” tandas Andhika.

Diberitakan sebelumnya, balok girder jembatan Randumerak sisi selatan direncanakan dipasang pada Rabu-Kamis (12-13/12/2018). Rencana pemasangan sempat diundur sehari karena crane bermasalah. Namun rencana itu kini kembali diundur dan belum diketahui kapan bisa dilanjutkan. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Pelaku Curanmor Dihajar Massa di Kanigaran

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …