Kota Blitar Puncaki Ori Difteri Putaran 3 se-Jatim

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Difteri hingga akhir tahun 2018 masih menjadi momok menakutkan bagi sejumlah daerah di Jawa Timur. Para pemangku kebijakan, berlomba-lomba agar daerahnya ori difteri dari penyakit yang dipicu bakteri di sekitar hidung dan tenggorokan itu.

Data yang dihimpun PANTURA7.com, selama putaran ketiga, sejak 1 November hingga 6 Desember 2018, imunisasi difteri di seluruh Jawa Timur sudah mencapai angka 76,35%. Imunisasi difteri massal ini dilakukan untuk menciptakan ori difteri alias daerah bebas difteri.

Hasilnya, Kota Blitar memuncaki urutan teratas dengan angka 82,92%, disusul Kota Mojokerto dengan angka 81,18%. Sedangkan Kabupaten Situbondo dan Kota Probolinggo, menjadi dua daerah terendah dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur dengan 50,61% dan 37,82%.

Kepala Perwakilan United Nations Children’s Fund (Unicef) Pulau Jawa, Arie Rukmantara mengatakan bahwa imunisasi merupakan hak anak agar mendapatkan pelayanan kesehatan. Sehingga nantinya ia mencapai target kesehatan yang sudah ditentukan.

“Pelaksanaan imunisasi difteri tahun ini harus bisa di atas target 95%. Biar ke depan tidak ada lagi KLB (Kejadian Luar Biasa) difteri di Jatim. oleh karenanya, setiap anak berhak untuk mendapatkan ini,” tutur Arie, Sabtu (8/12/2018).

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar M. Muchlis menjelaskan bahwa pencapaian tersebut luar biasa. Posisi Kota Blitar diurutan teratas ori difteri, tak lepas dari rantai kerjasama, antara pihaknya dengan instansi terkait.

“Atasi, sembuhkan, cegah, itu prinsip kami. Tentu kami tidak hanya berkutat dalam internal saja, tetapi juga eksternal dengan melibatkan semua pihak terkait yang ada di Kota Blitar,” ucapnya bangga. (*) 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Percepat Herd Immunity, Ratusan Santri Divaksin

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …