Warga Keluhkan Sungai Dicemari Limbah Ayam

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Warga Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo resah karena sungai di daerah itu dijadikan tempat pembuangan limbah. Limbah ayam mati dan bekas cucian daging ayam itu selain baunya menyengat juga menggganggu warga yang beraktivitas di sungai.

Sungai tersebut tepatnya berada di Jalan Amir Hamzah RT 02 RW 08. Informasi yang dihimpun PANTURA7.com, limbah ayam yang berasal dari kandang ayam milik Didik, yang tak jauh dari sungai.

Indra Gunawan (31) warga sekitar mengatakanm kondisi seperti itu sudah lama terjadi. Bahkan sudah ditinjau oleh instansi terkait, namun tidak ada tindak lanjut. Kotoran dan limbah ayam potong tetap saja dibuang ke sungai.

“Ini sudah lama kami keluhkan bahkan Pemkot pernah ke sini meninjau. Tapi sampai sekarang tidak ada tindak lanjutnya. Kotoran ayam masih dibuang ke sungai,” ujarnya, Kamis (29/11/2018).

Tak hanya ayam mati yang dbuang disungai, bau juga berasal dari air bekas membersihkan ayam bercampur dengan kotoran, dibuang ke sungai. “Ayam yang mati dibuang ke sungai. Kalau buang kotoran ayam, saya sering memergoki. Bahkan dalam sehari bisa tiga kali,” tandasnya .

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Budi Krisyanto mengatakan, akan berkoodinasi dengan OPD terkait. Dalam waktu dekat, ia akan mengajak stafnya melihat langsung ke lapangan untuk mengetahui situasi dan kondisi sebenarnya.

“Kita akan berkoordinasi dengan dinas teknis, Dinas Pertanian dan Peternakan selaku pembina. Kalau menyangkut usahanya, kami akan berkoordinasikan dengan Dinas Perijinan,” katanya. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Ditinggal Minggat Suami, Mak Sari Berjualan Dawet 20 Tahun

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …