Rawan Maling, PKL di Kawasan Gelora Merdeka Resah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Maraknya pencurian selama dua bulan terakhir, membuat para pemilik warung dan kios di jalan Panglima Sudirman Kraksaan (Timur Mapolsek Kraksaan) dan sekitar warung di Gelora Merdeka Kraksaan (GMK) resah.

Informasi yang diperoleh, dalam kurun waktu itu terdapat sedikitnya 10 warung, yang notabeni kios pedagang kopi dan warung nasi, sering kehilangan barang jualan. Tak hanya makanan dan minuman, alat dapur pun raib seperti tabung gas juga ikutan digasak oleh maling.

Hal ini dibenarkan oleh Siti Aminah (47) pemilik warung nasi asal Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Ia mengaku bahwa warungnya pernah menjadi sasaran para maling sehingga wanita paruh baya ini rugi jutaan rupiah.

“Kalau warung saya sendiri, yang dicuri cuma rokok, minuman dan makanan, untungnya tabung gas tidak sampai dicuri. Sedangkan warung disebelah kiri dan kanan saya, itu kehilangan empat tabung gas elpigi dan rokok,” ungkapnya, Sabtu (20/10/2018).

Selain warung nasi milik Siti Aminah yang menjadi sasaran maling, kios kopi milik Khoiruddin (25) warga Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, pun tak luput dari sergapan maling. Khoiruddin mengatakan, kiosnya kerapkali diobrak-abrik maling.

“Sekitar dua bulan terakhir, satu tabung gas elpigi dan beberapa bungkus rokok dicuri. Sebelumnya malah kios saya pernah dibobol, semua isinya diambil, sampai saya mengalami kerugian sekitar Rp. 8 jutaan,” kenangnya.

Sementara, Kapolsek Kraksaan Kompol Joko Yuwono, pihaknya sudah mendengar tentang maraknya maling yang menghantui para Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar Gelora Merdeka Kraksaan itu. Pihaknya juga sudah mendapat laporan dari para korban.

“Laporan sudah masuk, kami masih mendalaminya. Sementara waktu, untuk menenangkan hati para pemilik warung, kami sudah memberikan santunan, agar mereka tetap berjualan, selain pengawasan,” tegasnya saat dikonfirmasi via sambungan seluler. (*)

Baca Juga  Tilap Uang PKH Rp93 Juta, Kakek Dibekuk

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Satu Jam, Gunung Semeru Alami Dua Kali Erupsi

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang mengalami 2 kali erupsi, Selasa (7/5/24) pagi. …