Lomba Mading 3 Dimensi, Meriahkan HSN di Genggong

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Para pelajar di bawah naungan Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, adu kreativitas membuat majalah dinding (Mading) 3 dimensi, Jum’at (19/10/2018). Lomba mading ini menjadi rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober.

Sebanyak 14 kelompok delegasi dari lembaga pendidikan setingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan sederajat, berlomba menjadi yang terbaik. Lomba mading yang digelar oleh Pengurus Komisariat IPNU Pesantren Zainul Hasan Genggong, bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Damanhuri Romly.

Salah satu peserta dari delegasi SMA Unggulan, Nainunis Mutawakillah menuturkan, tak mudah membuat mading yang bisa memberikan pesan moral tepat dengan biaya murah. Ia dan kelompoknya bahkan membutuhkan waku sepekan untuk membuat mading berbentuk secangkir kopi.

“Ini kami buat selama seminggu, ngopi kepanjangan dari ngobrol perdamaian indonesia. Dengan ngopi, pesan moralnya agar para santri bisa menyalurkan ide-ide cemerlang dalam membantu perdamaian di negeri ini,” tukas pelajar asal Balung Jember ini.

Salah satu peserta mading dari MA. Zainul Hasan I menunjukkan karyanya saat lomba mading tiga dimensi di GOR Damanhury Romly. (maf)

Ketua Majelis Pembina IPNU Pesantren Zainul Hasan Genggong, Mohammad Hendra menjelaskan lomba mading tak sekedar rangkaian HSN 2018. Lebih jauh, ia berharap agar skil menulis dari para peserta sebagai santri pesantren kian terasah.

“Para ulama salaf, sebut saja Imam Nawawi Banten itu menulis kitab, Imam Al-Ghozali menulis, bahkan KH. Moh. Hasan pun menulis. Harapannya, lomba mading bagi santri juga menjadi upaya menjaga astar ulama yaitu berkarya dalam hal tulis menulis,” Hendra menjelaskan.

Mading karya santri putri ini, nantinya akan diseleksi oleh dewan juri berdasarkan kesesuaian tema, pesan moral, desain, dan kreatifitas. Tiga pemenang, akan diumumkan seusai upacara puncak HSN di Pesantren Zainul Hasan, Senin (22/10/2018) mendatang. (*)

Baca Juga  Lindungi Anak Dari Gadget, Probolinggo Berkarya Gelar Pameran Anak

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Mimpi itu Kini Nyata! Penjual Sandal Keliling di Pasuruan Akhirnya Berangkat Haji

Pasuruan,- Bagi Yahya (48), warga Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, tahun 2024 ini menjadi …