Kebakaran Hutan Bentar Ancam Flora dan Fauna

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Terbakarnya lahan hutan Gunung Bentar di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, Kamis (18/10/2018) hingga kini belum bisa dipadamkan. Angin yang berhembus kencang, membuat api kian menjalar mengancam keberadaan flora dan fauna disekitar hutan itu.

Polisi hutan dari Perhutani, Rasim mengatakan, terbakarnya hutan yang masih belum dipastikan penyebabnya itu hingga kini masih membara. Padahal proses pemadaman telah dilakukan oleh pihaknya dibantu polisi, TNI dan warga.

“Angin kencang membuat api susah dipadamkan. Secara manual kami berusaha memadamkan api bersama anggota TNI, polisi dan warga,” ucap Rasim.

Pihaknya khawatir api yang membakar hutan dengan tetumbuhan jenis pohon jati dan kosambi itu, mengancam kelestarian flora dan fauna. Jika api terus membara, maka flora dipastikan rusak sedangkan fauna bakal berimigrasi.

“Yang kami ditakutkan, tumbuhan dan hewan di hutan ini punah. Selain pohon jati dan kosambi, disini juga ada satwa seperti burung dan babi hutan bisa,” kata Rasim.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan musibah kebakaran tersebut. “Apinya kan belum padam, malah bisa meluas karena angin saat ini kencang. Kam berbahaya mas,” ucap dia.

Diketahui, belasan hektar lahan hutan di Gunung Bentar terbakar, sejak Kamis pagi. Kebakaran hutan milik Perhutani itu ditaksir telah melalap lahan seluas 13 hektar. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Ansor Kraksaan Dilantik, NU Minta Pengurus Tidak Hanya Titip Nama

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …