Rumah Roboh, Sekeluarga Korban Gempa Mengungsi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Gempa yang berkekuatan magnitudo 6,3 SR yang terjadi Kamis (11/10/2018) dinihari “menyapa” Desa Alaspandan, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo. Rumah Alwasik Wirayuda (31) dan Ummu Rosyida (25) warga Alaspandan pun roboh.

Beruntungnya, dalam insiden tersebut, seluruh anggota keluarga ini selamat. Bahkan tidak satu pun yang terluka. “Anak dan istri langsung keluar rumah. Awalnya hanya goncangan kecil. Tapi selang beberapa detik baru goncangannya mulai membesar, sehingga tembok di sebelah utara roboh,” ujar Alwasik ditemui di kediamannya, Jumat (12/10/2018).

Saat gempa berlangsung, pria yang bekerja sebagai peternak ayam kampung ini menambahkan, ini merupakan yang kedua kalinya rumahnya terkena goncangan gempa bencana alam.

“Kalau yang pertama itu bersamaan dengan gempa yang menimpa warga Lombok. Tapi karena goncangannya tidak terlalu besar, sehingga hanya tembok rumah yang retak dan langsung saya tambal,” kata ayah seorang anak itu.

Alwasik mengaku bersyukur, Allah masih menyelamatkan keluarganya dengan wasilah (perantara) anak semata wayangnya, Nayfa Fadila (2). Saat itu bocah bawah tiga tahun (batita) itu memang tidak bisa tidur hingga tengah malam.

“Selama dua malam anak saya tidak tidur, penyebabnya saya juga tidak tahu. Mungkin kalau waktu itu anak bisa tidur, kami semua tidak selamat, karena pada saat itu kami sedang tidur di ruang tamu,” kata Alwasik.

Disinggung tempat tinggalnya yang rusak, ia mengatakan, untuk sementara keluarganya masih menumpang di rumah Susunaida (43), mertuanya.

“Karena di rumah sudah tidak bisa ditempati lagi, mau tidak mau ya kami mengungsi dulu ke rumah mertua untuk sementara waktu sampai rumah kami bisa ditempati kembali,” ujarnya. (*)

 

 

Penulis: Moh. Ahsan Faradies

Baca Juga  25 ABK Selamat, Kebakaran Kapal Bisa Dipadamkan 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Empat Korban Laka KA Rejoso Dikebumikan, Warga Merasa Kehilangan

Pasuruan,- Kecelakaan maut merenggut nyawa 4 orang di perlintasan kereta api Desa Patuguran, Kecamatan Rejoso, …