Sandiaga Uno Minta Pemerintah Hemat Soal IMF-World Bank

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) – World Bank yang akan digelar di Bali pada 8–14 Oktober mendatang, membuat Calon Wakil Presiden (Cawapres) Republik Indonesia (RI) nomor urut 2, Sandiaga Salahuddin Uno gerah.

Hal itu disampaikan oleh Sandi, begitu Sandiaga Salahuddin Uno dipanggil, saat silaturrahmi politik ke Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Jadid (NJ) Paiton, Sabtu (6/10/2018). Sandi meminta agar pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla, lebih cermat dan lebih hemat jika berkaitan dengan anggaran negara.

“Seharusnya pemerintah tidak mengeluarkan anggaran yang terlalu besar apalagi sifatnya hanya seremonial. Sedangkan kondisi perekonomian saat ini tengah merosot,” ujar Sandi dihadapan para awak media.

Selain itu, Sandi menyebut bahwa acara itu tak pantas digelar ditengah hantaman bencana yang tengah menimpa tanah air. Harusnya kata Sandi, pemerintah fokus untuk rehabilitasi gempa di Lombok dan gempa tsunami di Palu serta Donggala, yang sampai saat ini penangannanya belum tuntas.

“Seharusnya kita lebih menunjukkan kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita yang saat ini tengah tertimpa musibah. Melakukan penghematan itu sangat penting dan harus kita lakukan saat ini,” tambah mantan Wakil Gubernur DKI jakarta ini.

Pendamping Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto itu selanjutnya menyarankan agar pemerintah saat ini, juga lebih fokus dalam mengurangi kran impor. Sebab jika impor dominan, maka produk lokal tidak bosa terseral dengan baik.

“Lebih baik kita fokus pada pendorongan produksi industri yang berbasis ekspor. Hal ini bisa kita lakukan kalau pemerintah dan semua lapisan masyarakat dan dunia usaha juga lebih fokus untuk jangka menengah dan jangka panjang,” tutup Sandi (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Kisah Nenek Sunak, Penjual Kacang Yang Naik Haji

Baca Juga

Pengerjaan Pembangunan TPT Kali Kertosono Ditargetkan Rampung Juni

Probolinggo,- Pengerjaan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) Kali Kertosono di Kelurahan Sidomukti, Kraksaan bakal dilanjutkan …