8 Desa di Tongas Segera Nikmati Jargas

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak 8 desa di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, segera mendapatkan program jaringan gas (Jargas) yang direncanakan akan dikonstruksi pada tahun 2019 mendatang. Total terdapat 5.321 Sambungan Rumah (SR) di kecamatan ujung barat Kabupaten Probolinggo itu.

Kabag Administrasi Perekonomian dan SDA Kabupaten Probolinggo, Santoso menjelaskan bahwa desa-desa penerima jargas di Kecamatan Tongas adalah Desa Bayeman dengan 1.458 SR, Curahdringu sebanyak 407 SR, Curahtulis 688 SR, lalu Dungun dengan 269 SR dan Tongas Kulon dengan 396 SR.

“Juga ada Desa Tongas Wetan dengan 714 SR, Tambakrejo sebanyak 138 SR, terakhir adalah Desa Tanjungrejo dengan 1.215 SR. Total di Kecamatan Tongas ada 5.321 SR,” kata Santoso, Kamis (4/10/2018).

Santoso menambahkan, dalam kontruksi jargas pihaknya akan mengakomodir keinginan warga sekitar, yang ingin proyek jargas melibatkan pengurus RW dan RT. Aspirasi mereka bakal disampaikan kepada pemenang lelang setelah proses lelang dilakukan oleh Kementerian ESDM.

“Nanti kami sampaikan aspirasi Merek, karena proyek ini anggarannya ada di kementerian. Semaksimal mungkin, setiap masukan bisa terakomodasi,” imbuh Santoso.

Iwan Kurniawan, salah satu penerima jargas asal Desa Tanjungrejo menuturkan, masyarakat sejatinya menerima dan mendukung program strategis nasional tersebut. Hanya saja, ia dan warga lain meminta agar program itu melibatkan pengurus RT dan RW, terutama saat program pembangunan awal dimulai.

“Kami khawatir kalau tidak ada koordinasi, justru mengakibatkan kerusakan. Misalnya saat titik galian, ternyata ada kabel atau pipa milik warga yang mengaliri air. Daripada harus mengganti karena rusak, lebih baik koordinasi,” ucap Iwan.

Iwan berharap, pemberdayaan sumberdaya manusia di titik kontruksi jargas, juga menyentuh tukang -tukang asal desa setempat. Dengan demikian, proyek strategis nasional itu bisa saling menguntungkan. “Semoga harapan kami direspons baik,” tandas dia. (*)

Baca Juga  PMII Probolinggo Bantu Palu dan Donggala

 

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Pemkab Lumajang Sibuk Stabilkan Harga Pangan, Kekeringan Terabaikan

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab Lumajang) tengah gigih menjaga stabilitas harga beras di pasaran. Meski demikian, …