KLM Wahyu Ilahi Terbakar, Ini Kisah 21 Penumpang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Terbakarnya Kapal Layar Motor (KLM) Wahyu Ilahi 02 di perairan Sulawesi Selatan menyisakan kisah tersendiri. Ke-21 penumpang yang selamat dan kini berada di Kota Probolinggo mengisahkan keheroikan pada anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Nagoya Sejahtera 04, kapal lain yang menolong mereka.

Hingga Senin (3/9/2018) siang ini, ke-21 penumpang itu masih ditampung di Stasiuun Radio Pantai milik KSOP Tanjung Tembaga Probolinggo.

Selamatnya 21 penumpang Kapar Layar Motor (KLM) Wahyu Ilahi 02 rupanya berkat heroiknya para ABK KM Nagoya Sejahtera. 21 penumpang itu kini berada di penampungan stasiun radio pantai milik KSOP Tanjung Tembaga Probolinggo.

Haryanto (33) salah satu penumpang selamat mengatakan, kapal yang ia tumpangi diketahui terbakar setelah terdengar bunyi ledakan. Ia sendiri mengaku, tak tahu pasti apa sumber ledakan itu.

“Sebelum terbakar KLM Wahyu Ilahi, ada dentuman keras yang saya sendiri tidak tahu dari mana sumbernya,” kata Haryanto. Berungtung ada KM Nagoya Sejahtera 04 yang berada di sekitar kapal yang terbakar. Yang sempat mengkhawatirkan, para penumpang perempuan tak bisa berenang.

Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal mengataka, para penumpang KLM Wahyu Ilahi 02 sementara tinggal di asrama Stasiun Radio Pantai milik KSOP Tanjung Tembaga Probolinggo.

“Mereka untuk sementara tinggal di sini sambil menunggu jadwal pemberangkatan kembali hari Rabu ke Jeneponto, Sulawesi Selatan,” ujar Kapolresta.

Diketahui KLM Wahyu Ilahi 02 terbakar hebat di teluk Bonerate, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/9) sekira pukul 10.00 WITA. Akibat kebakaran itu kerugian ditaksir sampai Rp 4 miliar.

Syukurlah ABK KLM Wahyu Ilahi 02 selamat yakni, Rahan Naba (Kapten kapal), Rizal Anto (Kepala kamar mesin), Hendry (ABK), Hendra (ABK), Ryang (ABK), Akbar Liwang (ABK), Lukman (ABK).

Baca Juga  Banjir Rob, Puluhan Haktare Tambak Garam di Kalibuntu Terancam

Juga 21 penumpang yakni, Haryanto, Chichi, Bone, Nita, Mila, Asni, Gerson, Dg Baha, Narnia, Ruslan, Sangkala dan tiga anak kecil yakni, Ardi, Reskiah, Riska.

Tak hanya memuat orang, ratusan hewan ternak juga dibawa KLM Wahyu Ilahi 02. Di antaranya, sapi 100 ekor, kuda 50 ekor, dan kambing 100 ekor. Hanya 1 ekor kambing yang terselamatkan. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Truk Vs Truk Tabrakan di Jalur Pantura Bangil, Sopir Kritis

Pasuruan,- Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur pantura Raci, tepatnya di depan Pengadilan Agama (PA) …