Waduh, Koperasi Mitra Perkasa Digeruduk Nasabahnya Sendiri

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Puluhan nasabah Koperasi Mitra Perkasa di Jalan Panglima Sudirman, Kota Probolinggo, menggeruduk kantor koperasi, Rabu (29/8/2018). Mereka sengaja datang untuk meminta tabungan yang sebelumnya dijanjikan namun tak kunjung terealisasi.

Para nasabah datang ke koperasi tersebut guna menuntut janji Ketua Koperasi yang berjanji pada hari itu akan mengembalikan dana nasabah yang disimpan di koperasi. Dimana selama ini ratusan nasabah kesulitan menarik tabungannya karena koperasi tidak memiliki dana.

Seperti dikeluhkan Ahmad Maulidi (47), sudah setahun menabung untuk ibadah umroh. Dengan pembayaran total 24 juta rupiah ia baru bisa menabung sekitar 11 juta rupiah. Namun ketika ia menagih janji yang kabarnya dicairkan pasca Hari Raya Idul Fitri , ternyata molor sampai sekarang.

“Saya dijanjikan setelah lebaran, tapi sampai sekarang tak kunjung cair. Apalagi saya dengar katanya koperasi bermasalah tambah bingung saya,” kata Ahmad Maulidi.

Sejumlah nasabah Koperasi Mitra Perkasa, menunjukkan bukti tabungan kepada wartawan, Rabu (29/8/2018).

Hal senada diungkapkan nasabah lainnya, Endah (45) asal Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan. Ia mengaku, menabung sejak Juli tahun lalu. Uang yang terkumpul sudah 6 juta 750 rupiah namun sudah beberapa hari ia tak bisa mengambil dan harus menggunakan nomor antrean.

Endah berharap agar uangnya utuh segera dicairkan. Pasalnya selama ini uang itu sangat dibutuhkan untuk biaya hidup, karena tak punya pendapatan lain.

“Ini saya buat makan, tadi minta ternyata gak ada dan hanya 250 ribu rupiah bisa diambil itu pun harus pakai nomer undian,” ucapnya sambil meneteskan air mata.

Sementara itu, Manajer Koperasi Mitra Perkasa Willy Soekanto mengatakan, saat ini kondisi koperasinya tengah mengalami ketidakseimbangan keuangan antara output dengan inputnya.

“Kami punya piutang di nasabah sekitar 100 milliar. Namun saat ini keuangan yang masih piutang masih belum tercairkan,” ucapnya pada wartawan Rabu (29/8/2018).

Baca Juga  Embat Motor di Mapolsek Besuk, Residivis Diringkus

Willy menjanjikan akan menyelesaikan persoalan ini dalam jangka waktu tiga bulan ke depan. “Semoga akhir Desember nanti manajemen koperasi bisa berjalan seperti sebelumnya,” tandasnya.

Diketahui jumlah anggota koperasi ini sekitar 10.000 nasabah. Mereka tersebar di wilayah Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang. Setiap hari, Koperasi Mitra Perkasa hanya melayani 60 nomor antrean pencairan. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …