Rawan Tumbang, Puluhan Pohon Jalan Nasional Dipangkas

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo melakukan pemangkasan ranting dan pemotongan pohon di sepanjang jalan nasional. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya pohon tumbang, yang mengancam keselamatan pengendara.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan, pemangkasan dan pemotongan pohon rawan tumbang dilakukan mulai dari titik timur di Kecamatan Paiton hingga titik barat Kecamatan Tongas, serta titik selatan hingga perbatasan Kabupaten Probolinggo-Lumajang.

“Upaya ini kami lakukan agar supaya tidak membahayakan masyarakat pengguna jalan maupun masyarakat sekitar. Karena keselamatan para pengguna jalan harus tetap diutamakan,” kata Anung, Selasa (14/8/2018).

Menurut Anung, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pohon di jalan nasional rawan tumbang. Selain karena sudah rapuh akibat termakan usia, juga karena kencangnya hembusan angin sejak beberapa hari terakhir.

“Angin yang terkenal di Kabupaten Probolinggo, yakni angin Gending terjadi akibat pertemuan antara angin dari kawasan Tengger, angin Gunung Argopuro dan angin Gunung Lamongan. Ini salah satu penyebab terjadinya pohon tumbang,” tukas dia.

Pihaknya, tambah Anung, menghimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa waspada terhadap terjadinya bencana, terutama pohon tumbang. “Karena sekarang anginnya masih bertiup sangat kencang,” pungkas mantan kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo ini.

Diketahui, sebanyak 52 pohon di jalur hijau nasional rawan tumbang. Indikasi ini diketahui setelah BPBD Kabupaten Probolinggo melakukan survey pohon, sebagai langkah awal antisipasi dini bencana. Dari jumlah itu, 42 pohon yang harus segera dipangkas karena membahayakan. (*)

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  1.400 Masjid di Probolinggo Dapatkan Bantuan Tandon Air

Baca Juga

Angkutan Lebaran 2024, Terminal Bayuangga Berangkatkan 89 Ribu Penumpang

Probolinggo,- Selama angkutan lebaran H-7 hingga H+4, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah memberangkatkan 89 ribu …