Hutan Lindung Pegunungan Argopuro Terbakar

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kebakaran lahan melanda Hutan Lindung Rimba Campur (HLRBC) di Dusun Rabunan, Desa Batur, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Kebakaran sulit dipadamkan karean titik api berada di tebing curam lereng Pegunungan Argopuro.

Kepala Desa (Batur) Nuruddin kepada PANTURA7.com menuturkan, kebakaran terjadi sejak Kamis (2/8/2018) pukul 18.00 WIB. Lokasi awal di petak 9C HLRBC, yang kemudian menyebar ke titik lain. Lahan yang terbakar merupakan ilalang dan rumput gunung kering, seiring musim kemarau.

“Yang terbakar ilalang dan rumput gunung, bukan pepohonan. Kami kesulitan melakukan pemadaman api karena lokasinya tidak terjangkau, aksesnya tidak memungkinkan,” kata Nuruddin, Jum’at (3/8/2018).

Kobaran api membakar hutan di lereng Pegunungan Argopuro, Kamis (2/8/2018).

Kebakaran itu, jelas Kades, bisa jadi karena cuaca yang sangat panas ditambah hembusan angin kencang sejak beberapa hari terakhir. Pihaknya, bersama Polsek Gading, Koramil, Perhutani dan Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Proboliggo sudah mendatangi lokasi.

“Kalau warga iseng atau sengaja bakar, sepertinya tidak mungkin. Lokasinya itu jauh, tidak terjangkau. Sekarang bara apinya masih ada meskipun tidak sebesar tadi malam,” jelas dia.

Dari pengecekan yang dilakukan pemerintah desa dan petugas, diperkirakan terdapat 10 hektar lahan yang sudah terbakar. Kebakaran lahan bisa terus meluas jika percikan api dbawa angin, sementara antisiasi tidak segera dilakukan.

“Kami menyiagakan anggota di lokasi, meski tidak memungkinan untuk menuju lokasi namun kami antisipasi agar kobaran api tidak menyebar. Mudah-mudahan api segera padam,” kata Kapolsek Gading, Iptu Bagus Purnama. (*)

 

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Jalan Besuk-Glagah Rusak, Warga Mengeluh

Baca Juga

Kurang dari 2 Jam, Gunung Semeru Erupsi Empat Kali

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, alami empat kali erupsi, Senin (13/5/24/) dinihari. …