Rajut Kebersamaan, ILKP Bersihkan Sampah di Alun-alun Kraksaan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Komunitas netizen Info Lantas dan Kriminal Probolinggo (ILKP) menggelar aksi peduli lingkungan dengan membersihkan alun-alun Kota Kraksaan dan depan Kantor Pemerintah Kabupaten Probolinggo (Pemkab), Minggu (22/7/2018).

Aksi sosial dimulai sekitar pukul 13.00 WIB yang diikuti beberapa anggota ILKP di wilayah Kraksaan – Pajarakan. Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, aksi ini juga untuk merajut kebersamaan antar anggota komunitas dalam menyajikan informasi di ‘facebook’ (FB).

Koordinator ILKP wilayah Kraksaan, Untung (28) mengatakan meski bukan agenda rutin ILKP, namun aksi bersih-bersih ini efektif untuk mempererat tali persaudaraan sesama anggota pegiat media sosial ‘facebook’ itu. Terlebih mereka berasal dari berbagai latar dengan kesibukan berbeda.

“Meskipun tidak banyak yang ikut karena kesibukan lain, tapi ini harus kami lakukan. Selain untuk menjaga kebersihan lingkungan, hal ini juga untuk menjaga kekompakan kami,” ujar Untung.

Dengan berbekal plastik, sapu lidi dan tempat sampah, komunitas ini berkeliling menjumputi sampah yang berserakan. Tak hanya sampah kering seperti plastik dan bungkusan makanan, sampah basah pun dipunguti. “Pokoknya segala jenis sampah, kita ambil,” imbuh Untung.

Aksi sosial ini mendapat respons positif dari sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan disekitar lokasi. Sebab, menurut PKL, tak banyak orang yang peduli kebersihan lingkungan terutama di fasilitas umum.

“Beruntung jika ada para pemuda seperti mereka yang masih peduli akan lingkungan sekitar. Biasanya kalau masih seumuran mereka, ya sibuk untuk mencari kesenangan saja,” bangga Hasan, penjual bakso di alun-alun Kota Kraksaan. (*).

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Pandemi, Tokoh Agama Dibekali Pelatihan Kewirausahaan

Baca Juga

Naik 15 Persen, KAI Daop 9 Jember Angkut 208.798 Penumpang

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember selama 22 hari angkutan lebaran melayani …