Dara Cantik Ini Jadi CJH Termuda di Kota Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Calon Jamaah Haji (CJH) di Kota Probolinggo tahun ini akan segera berangkat ke tanah suci. Sebanyak 218 CJH yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 30, rencananya akan berangkat pada 26 Juli 2018.

Diantara ratusan CJH, terdapat dara cantik bernama Halimatus Sa’diyah Saleh (23) asal Dusun Krajan RT/2 RW/5, Kelurahan Pohsangit Kidul, Kecamatan Kademangan. Mahasiswi jurusan Ilmu Tafsir Al Quran di Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) Gresik ini menjadi CJH termuda di Kota Probolinggo.

Kasi Haji Kementerian Agama (Kemenag)  Kota Probolinggo, Muhammad Haris Hikmawan membenarkan bahwa Halimatus menjadi CJH termuda tahun ini. “Berdasarkan data kami, ya memang dia menjadi yang termuda,” jelasnya, Rabu (18/7/2018).

Ada yang termuda, tentu ada pula CJH yang sudah lanjut usia dan menjadi CJH tertua.. Informasi yang diterima oleh PANTURA7.com dari Kemenag setempat, CJH tertua tercatat atas nama Astipah Murgo Saninten dengan usia 88 tahun.

Astipah Murgo Saninten (88) menjadi Calon Jemaah Haji (CJH) tertua di Kota Probolinggo tahun 2018.

Dari hasil pemeriksaan sementara, nenek asal Dusun Kedung Kemiri, RT/002 RW/007, Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih itu dalam kondisi cukup sehat. “Memenuhi syarat, baik fisik dan kesehatannya,” jelas Haris.

Terpisah, Astipah mengaku senang bisa berangkat haji pada tahun ini. Pasalnya, ia harus menunggu tujuh tahun agar dapat menunaikan rukun islam kelima itu. bahkan untuk melunasi biaya haji, Astipah harus menjual tanah kesayangannya sebesar Rp. 90 juta.

“Ya senang sekali bisa haji tahun ini, sudah periksa juga ke dokter dan dinyatakan sehat tanpa kendala apapun. Do’anya nak agar saya dapat menjadi haji mabrur,” harap Astipah. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Achmad Zulkifly

Baca Juga  Pendamping Progam Sosial Berbagi Takjil di Jalanan

Baca Juga

Jelang Keberangkatan, CJH Kota Probolinggo Manasik Haji di Miniatur Ka’bah

Probolinggo,- Untuk memantapkan pelaksanaan ibadah haji, Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Probolinggo pada Kamis (2/5/24) …