Dua Onthelis Mancanegara Semarakkan Genggong Go Green

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sekitar 6.000 onthelis semarakkan Genggong Go Green (G3) yang digelar di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong (PZH), Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (15/7/2018).

Selain peserta dari sejumlah penjuru nusantara, seperti onthelis Semarang, Makassar hingga Lampung, terdapat pula sejumlah onthelis mancanegara. Mereka berbaur dengan onthelis lokal, bahkan mancal bareng dengan penuh canda tawa.

Salah satu onthelis asing yang meramaikan kampanye lingkungan bersih itu adalah Mr. Sidshef asal Kanada. Bule ini mengaku baru pertama kali mengikuti event Funbike Trek pendek 13 KM bersama santri. Hal ino membuatnya antusias sekaligus bangga.

“Saya senang, saya suka sekali. Ini bagus, pengalaman pertama buat saya. Harapan saya, tahun depan ada lagi,” ujarnya kepada PANTURA7.com seusai mancal.

Onthelis mancanegara semarakkan Genggong Go Green di PZH Genggong, Minggu (15 /7 /2018).

Sidshef merupakan salah satu dari dua turis yang ikut mancal bareng bersama ribuan onthelis lokal. Selain Sidshef, terlihat juga Saphira, onthelis asa Amerika serikat, yang ikut mancal.

Pengasuh PZH Genggong, dr Moh Haris Damanhury mengatakan bahwa Genggong Go Green merupakan konsep awal untuk mengajari santri tentang arti kebersihan dan kepedulian lingkungan. Dengan pola itu, diharapkan kesehatan santri dan kelestarian alam dapat terjaga.

“Ini menjadi mindset yang harus ditanamkan sejak awal. Dengan gowes ini kita ingin sehat bareng, serta mewujudkan kelestarian lingkungan. Disini, semua komunitas berbaur, baik pecinta sepeda kuno, sepeda balap hingga pegiat funbike,” tutur pria yang akrab disapa Gus Haris ini. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhamad

Baca Juga  KPU Probolinggo Gelar Rapid Test, 4 Orang Reaktif

Baca Juga

Kafe D’Javu Kota Probolinggo, Tawarkan Kenikmatan Kopi dan Kereta Api

Probolinggo,- Ada kafe unik di Jl. Panglima Sudirman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo yakni, …