Probolinggo-Pamekasan Dilayani Kapal Cepat, Hanya 1,5 Jam

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Untuk penguatan dan pengembangan pariwisata Probolinggo-Madura, Dinas Perhubungan Provinsi Jatim melaunching kapal cepat, pada Kamis (12/7/2018). Launcing kapal bernama Srikandi Marina itu, dilakukan di Pelabuhan Tanjung Tembaga.

Dengan kecepatan 33 mil perjam, perjalanan bisa ditempuh dalam waktu 1, sampai 1,5 jam dari Probolinggo – ke Pamekasan Madura. Pengoperasian kapal dimulai sejak 16 Juli mendatang, dengan tarif Rp 125 ribu per orang. Kapal cepat Srikandi Marina 1, mempunyai kapasitas penumpang 70 orang.

“Pelayaran kapal cepat ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat karena mobilitas masyarakat tidak terhambat. Dari biasanya jalur darat harus memutar ke Surabaya berjam-jam, dengan kapal ini hanya 1,5 jam,” kata Kabid Perhubungan Laut dan LLASDP Dishub Provinsi Jawa Timur, Nyono.

Operasional kapal cepat nantinya akan dilakukan setiap hari, dan dievaluasi tiap 1-2 bulan. Saat ditanya strategi terkait meminimalisir kegagalan operasional kapal cepat, pihaknya nanti akan membantu promosi Srikandi Marina dalam pelayanan reguler.

“Ada skema dan prospek pariwisata. Potensi pariwisata bisa membantu subsidi silang, antara pelayanan reguler dan pariwisata. Mungkin ada yang menyewa kapal untuk pariwisata, dapat menggunakan Srikandi Marina,” papar Nyono.

Sementara, Walikota Probolinggo Rukmini yang menghadiri lauching tersebut mengklaim, program kapal cepat itu digagas oleh walikota sebelumnya, Buchori yang tak lain merupakan suaminya. Iden itu. menurut Rukmini, pertama kali digagas pada 2008 silam.

“Semoga trayek lintas pelayaran Probolinggo-Pamekasa bisa berjalan lancar. Pada tahun 2008 sudah pernah digagas saat masa Bapak Buchori kemudian gagal. Mudah-mudahan kegagalan itu tidak terulang dengan evaluasi yang sekarang,” beber Rukimin. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Sholeh

Editor : Achmad Zulkifly

Baca Juga  Rawan Tertular, Keluarga 3 PSK HIV/AIDS Akan Diperiksa

Baca Juga

Angkutan Lebaran 2024, Terminal Bayuangga Berangkatkan 89 Ribu Penumpang

Probolinggo,- Selama angkutan lebaran H-7 hingga H+4, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah memberangkatkan 89 ribu …