Dengan Cara Ini, Zona Merah Pilkada Probolinggo Bakal Diredam

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kepolisian Resort Probolinggo ekstra waspada menghadapi Pilkada serentak 2018, yang kini sudah di depan mata. Untuk pengamanan, korps coklat tersebut terjunkan 490 anggota, yang bakal dibantu oleh personel gabungan dari TNI sebanyak 210 anggota Koramil dan 100 personel Raider.

Tak hanya itu, sebanyak 2.920 anggota Linmas di 1.460 TPS, anggota Banser sebanyak 105 orang, Senkom 135 personel dan 105 dari Satpol PP bakal turun gunung membantu kepolisian mengamankan Pilkada. Untuk wilayah rawan, seperti Kecamata ln Krucil dan Tiris, maka 1 anggota polisi mengamankan 2 TPS.

“Rawan yang dimaksud disini adalah jarak antar penduduk dan TPS cukup jauh karena keadaan topografi daerah itu. Harapannya, dengan pola ini pelaksaaan pilkada kondusif,” papar Kapolres Probolinggo AKBP fadly Samad seusai memimpin apel pasukan pam pilkada, Senin (25/6/2018).

Dalam pilkada tahun ini, Polres Probolinggo melakukan pengamanan di 21 dari 24 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Sedangkan 3 kecamatan lain, sudah masuk ke wilayah hukum Polresta Probolinggo. Untuk mempermudah pengawasan pengamanan, terutama di ‘zona merah’, Polres Probolinggo menggunakan rayonisasi sebagai pola pengamanan.

“Ada 5 rayon yang dibentuk dimana dalam 1 rayon berisi 5 Polsek. Dari kajian topografi, pola rayonisasi ini dapat mempercepat penanganan potensi kisruh pilkada. Sebab, Probolinggo ini masuk zona merah Pilkada, tentu kita malu karena Probolinggo termasuk zona merah,” tambah Kapolres Fadly

Sistem antisipasi gangguan keamanan dalam pola rayonisasi, jelas Kapolres, adalah dengan cover area dari polsek-polsek terdekat dari wilayah atau polsek yang tengah mengalami gangguan keamanan. “Dengan pola rayonisasi, maka potensi itu bisa segera diredam,” tutup mantan Kapolres Tuban ini. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  KASN Tidak Respon, Kuasa Hukum Tutang Gugat ke PTUN

Baca Juga

Wartawan Lumajang Turun ke Jalan Tolak RUU Penyiaran, Sampaikan 5 Tuntutan ini

Lumajang,- Puluhan wartawan yang teegabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), dan …