Heboh, Se-ekor Paus Balin Terdampar di Perairan Paiton

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Warga Desa Randu Tatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dihebohkan dengan temuan se-ekor paus, yang terdampar tak jauh dari area wisata Pantai Duta, Rabu (6/6/2018). Sayang saat ditemukan, paus itu dalam keadaan sudah mati.

Beberapa warga sekitar hinggga pengunjung Pantai Duta, berbondong-bondong untuk melihat bangkai paus, meski berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Warga penasaran karena satwa dlindungi itu baru pertama kali terdampar di perairan tersebut.

“Tadi pagi ada warga sini yang menemukan ada paus terdampar saat hendak pergi melaut mas, ini baru pertama kalinya ada paus yang terdampar disini,” papar Kusnadi (32) warga sekitar.

Warga melihat bangkai hiu balin dari bibir pantai. (maf)

Pantauan Kunsnadi, mamalia itu memiliki panjang sekitar 8 meter dengan lebar hampir mencapai 2 meter. Dilihat dari kulit yang sudah membusuk, diperkirakan satwa itu sudah mati sekitar 4–5 hari yang lalu.

“Ini baru tadi pagi ditemukannya, kemarin-kemarin gak ada. Kemungkinan matinya lebih dari 3 hari, sudah membusuk mas,” imbuh Kusnadi.

Berdasarkan pemeriksaan dari petugas Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, paus yang terdampar merupakan paus jenis Balin atau Mysticeti, yang berasal dari perairan Australia. Diduga kuat, mamalia itu mati di laut lepas lalu terbawa gelombang hingga ke perairan dangkal.

“Hasil observasi kami, ini Paus Balin. Untuk penyebab kematiannya masih kami telusuri, yang pasti matinya sudah lebih dari tiga hari,” tukas Kasi Pendayagunaan Sumber Daya Pesisir Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, Yunianto, kepada wartawan. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhamad

Baca Juga  Bus Terbakar di Tol Pandaan-Malang, Jalur Macet

Baca Juga

Jutaan Ubur-ubur ‘Invasi’ Perairan Probolinggo, Jadi Daya Tarik Pengunjung

Probolinggo,- Perairan Probolinggo sejak sepekan yang lalu kembali diserbu jutaan ubur-ubur. Meski dipenuhi ubur-ubur, fenomena …