Mendekati Bulan Ramadhan, Harga Daging Ayam Broiler Kian Meroket

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menjelang Bulan Ramadan, harga daging ayam broiler di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo terus meroket. Jika sebelumnya harga jual tertinggi sebesar Rp. 32 ribu per kilogram, kini harganya sudah melejit dengan harga terendah berada dikisaran Rp. 40 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang daging ayam di Pasar Paiton, Faruq (21) menjelaskan, meningkatnya harga jual daging ayam broiler sudah berlangsung sekitar sepekan ini. Kenaikan harga ini bahkan sudah diprediksi oleh pedagang, berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya.

“Naik mas, sudah semingguan ini. Sekarang harganya paling murah Rp. 40 ribu per kilo gram, bahkan ada yang jual lebih tinggi dari saya mas. Harga ini tergantung sama penjualnya, kalau saya masih memasang harga segitu,” kata Faruq kepada PANTURA7.com, Selasa (8/52018).

Sementara di pasar Semampir Kota Kraksaan, harga jual daging ayam broiler justru lebih mahal. Meski demikan, pedagang mengaku patokan harga itu masih relatif stabil. “Ini masih stabil mas, disini harganya Rp. 42 ribu. Ya biasa, mau Bulan Ramadhan,” papar Suto (35), salah satu pedagang.

Secara terpisah, salah satu pengepul ayam broiler, Lilik (30) menyampaikan, naiknya harga juga disebabkan oleh pasokan ayam oleh peternak yang semakin sedikit. Padahal kebutuhan daging ayam semakin hari makin meningkat, sehingga harga ayam terus melonjak.

“Ini sudah menjadi kebiasaan, kerena menjelang bulan puasa banyak pembeli yang memesan daging untuk berbagai acara sehingga tingkat pesanan lebih banyak dari biasanya. Prediksi saya, mendekati Hari Raya Idul Fitri, harga daging bisa lebih tinggi lagi,” tukas perempuan dengan satu anak ini. (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

 

Baca Juga  Kasihan, Nenek Asal Jorongan Tewas Tertabrak

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …