Pemkab Probolinggo Gelontorkan Anggaran Rp 122 Miliar Atasi corona

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menyiapkan anggaran sebesar Rp.122 miliar untuk penanganan pandemik Covid-19. Jumlah ini didapatkan dari dana recofusing dan pergeseran anggaran.

Anggaran yang disiapkan itu berasal dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo. Semula, Pemkab menganggarkan Rp 32 miliar dalam penanganan virus corona yang kini terus mewabah.

Dari Rp. 32 miliar tersebut, sebesar Rp. 19 miliar dialokasikan untuk RSUD Tongas yang ditunjuk sebagai rumah sakit khusus menangani pasien Covid-19. Sisanya, didistribusikan ke Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD Waluyo Jati Kraksaan, dan OPD terkait lainnya.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengatakan, Pemkab Probolinggo kemudian memfokuskan kembali (refocusing) kegiatan. Hasilnya didapat Rp. 90 miliar dari hasil pergeseran anggaran tersebut.

“Anggaran itu diproyeksikan untuk mencukupi kebutuhan selama 6 bulan ke depan. Di mana penanganan Covid-19 belum dapat diprediksi berakhir kapan,” kata Dewi, Jum’at (10/4/2020).

Anggaran sebesar itu, lanjut dia, nantinya akan akan disalurkan pada 3 aspek. Yakni, kesehatan, ekonomi, dan bantuan sosial, sesuai dengan arahan Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari serta instruksi Presiden RI, Joko Widodo.

“Nanti anggaran itu diperuntukkan sesuai kebutuhan penanganan Covid-19. Upaya sejak awal telah dialokasikan anggaran awal melalui pergeseran anggaran,” tutur mantan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Ugas, Heri, dan Edy, Berpacu Jadi Sekda Probolinggo

Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …