Khofifah Bakal Pangkas Pengganguran Lulusan SMA/SMK Dengan Dua Cara ini

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pengumuman kelulusan SMA/SMK dan sederajat yang berlangsung hari ini tak luput dari sorotan Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Sebab, kelulusan siswa-siswi  tingkatt menengat itu berpotensi menambah pengangguran terdidik di Jawa Timur.

Mengantisipasi hal itu, Khofifah dan Cawagub Emil Elistianto Dardak sudah menyiapkan dua strategi khusus, agar jumlah pengangguran di Jatim tidak semakin meningkat. Strategi ini akan ia genjot manakala terpilih sebagai pemimpin di Jawa Timur.

Dua strategi Khofifah, yang pertama bahwa lulusan SMA/SMK harus magang di perusahaan, bukan di BLK (Balai Latihan Kerja, red) sehingga mereka mengerti suasana kerja yang sebenarnya, bukan bertemu instruktur.

“Yang kedua , kami akan kembangan millenial job centre,” kata Khofifah disela-sela kunjungannya di Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Desa Sukodadi, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Kamis (3/5/2018).

Untuk merealisasikan program itu, jelas mantan Menteri Sosial RI itu, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha Jawa Timur, terkait tempat magang bagi lulusan tahun ini. Hasilnya pun, klaim Khofifah, sangat positif.

“Saya sampaikan kepada mereka terkait tempat magang untuk para siswa-siswi lulusan tahun ini, dan mereka menyatakan sudah menyiapkan tempat magang gratis,” papar Khofifah menjelaskan.

Sedangkan konsep millenial job centre, menurut Khofifah, pola itu sudah diterapkan di Kabupaten Trenggalek, wilayah asal Emil Dardak. “Dengan ini, saya berharap mereka yang baru lulus SMA, SMK atau MA mendapatkan pekerjaan dengan magang atau berinovasi melalui  millenial job centre,” tutup dia. (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Lagi, Semalam 2 Toko Kelontong Dibobol

Baca Juga

H+5 Arus Balik, 55 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun di Daop 9 Jember

Probolinggo,- Hingga H+5 atau lima hari arus balik, KAI Daop 9 Jember telah memberangkatkan total …