Timbulkan Polemik, Ojek Online Dilarang di Kota Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Polemik yang ditimbulkan ojek online sejak awal Agustus 2017, membuat Polresta dan Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo mengambil sikap tegas, dengan menutup aplikasi layanan ojek modern ini.

 

 

Kasatlantas Polresta Probolinggo AKP. Algopohan, kepada PANTURA7.com mengatakan, rencana penutupan dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub), Organda dan ASAP, Rabu (9/8/2017).

 

 

“Cara paling efektif untuk mencegah operasional ojek online ya dengan menutup aplikasinya. Kita sepakat tutup karena meresahkan keberadaan angkutan penumpang umum,” ujar Kasatlantas via seluler, Kamis (10/8/2017).

 

 

Menurutnya, angkutan umum sudah memenuhi segala ketentuan yang dipersyaratan dalam Undang-undang 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, serta peraturan turunannya. Sementara ojek online hanya berbekal aplikasi tanpa perlu memenuhi ketentuan yang berlaku.

 

 

“Biaya operasional ojek online sangat murah, secara tidak langsung mematikan angkutan umum yang resmi. Jadi kami sepakat untuk melarangnya,” tutur Algopohan.

 

 

Kadishub Kota Probolinggo Sumadi menuturkan, sampai saat ini pihaknya maupun Polresta belum menerima permohonan ijin atau laporan dari manajemen Go-Jek. Pihaknya berencana memanggil manejemen ojek berbasis internet itu.

 

 

“Karena tidak ada ijin, jadi kita belum mengetahui berapa jumlah riil yang beroperasi. Yang jelas dalam undang-undang, roda dua tidak terakomodasi. Kami akan panggil manejemennya,” tandas Sumadi.

 

Sementara terkait permintaan manajemen Go-jek yang beberapa waktu lalu ingin audesi dengan Walikota, Sumadi mengatakan bahwa sejauh ini Walikota Probolinggo Rukmini belum memberikan respon. “Belum ada respon dari Bu wali,” tutupnya. (em/ela).

Baca Juga  Tak Dapat Bansos, Warga Terdampak Covid-19 ‘Digerojok’ Sembako

Baca Juga

Bawa Kabur Motor, Warga Wonomerto Babak Belur Dihajar Massa

Probolinggo,- Pradivia Riyandra (37) warga Desa Sepuhgembol, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo babak belur akibat dihajar …