Pengerjaan Molor 3 Bulan, Tol Paspro Tak Bisa Dilalui Pemudik

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Para pemudik yang ingin menikmat tol Pasuruan- Probolinggo (PASPRO), pada lebaran tahun ini harus gigit jari. Pasalnya, pembangunan tol sesi I-III, sampai kini belum rampung. Alhasil rencana peresmian yang direncanakan pada 29 Mei, terpaksa diundur hingga Oktober 2018.

Kepastian molornya peresmian, disampaikan General Manager, PT Waskita Karya, Sutiman . Menurutnya, saat ini progres pembangunan Proyek Strategi Nasional (PSN) jalur Trans Jawa itu, masih diangka 75%.

Jika hal itu dipaksakan, kata Sutiman, akan sangat berbahaya bagi para pengguna jalan tol. Selain pengerjaan jalur utama belum rampung, perlengkapan keamanan jalur meliputi penerangan jalan, dan rambu-rambu lalu lintas, masih belum tersedia.

“Perlengkapan konstruksi belum lengkap , jika dipaksakan ini bahaya bagi para pemudik,” ujar Sutiman kepada PANTURA7.com.

Meski demikian, Sutiman berjanji akan menggenjot pembangunan tol sesi I-III, dimana sesuai kontrak awal, akan elesai pada Desember 2018. “Jadi faktor cuaca juga mempengaruhi pekerjaan proyek,” tandas dia.

Sementara, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian PUPR untuk Tol Paspro, Agus Minarno menegaskan, dengan kondisi itu bisa dipastikan Tol Paspro tidak bisa digunakan pemudik pada lebaran 2018 ini.

Selain itu, rencana peresmian tol oleh Presiden Joko Widodo yang sedianya dilakukan pada akhir Mei, harus diundur hingga Oktober 2018. “Mundurnya peresmian tol dikarenakan moratorium pengerjaannya serta banyaknya insiden diberbagai daerah,” jelas Agus via sambungan seluler. (*)

 

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Achmad Kifly

Baca Juga  PMII Probolinggo Galang Koin Kemanusiaan Untuk Palu dan Donggala

Baca Juga

HPN PWI Jatim 2024 Digelar di Jember, Inilah Berbagai Kegiatannya

Jember,- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur tahun 2024 dipusatkan di Kabupaten Jember. Untuk …