Jaring Pemilih Pemula, KPU Probolinggo Sosialisasi di Krejengan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Mendekati hari H pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolingggo kian gencar melakukan sosialisasi. Terbaru, KPU memberikan sosialisasi Pilkada bagi kelompok pemilih pemula di Madrasah Aliyah (MA) Raudlatul Muta’allimin, Desa Opo-Opo, Kecamatan Krejengan, Kamis (19/4/2018).

Kasubag Hukum KPU Kabupaten Probolinggo, Dodik Budianto mengatakan, pemilih pemula merupakan salah satu kelompok pemilih yang jumlahnya cukup siginifikan di Kabupaten Probolinggo. Meski demikian, selama ini partisipasi pemilih pemula dalam pilkada justru tidak terlalu signifikan.

“Jadi silahkan bagi adik-adik yang sudah berusia 18 tahun keatas atau yang sudah menikah, menggunakan hak pilihnya. Datangi TPS pada 27 Juni nanti, jangan golput ya,” kata Dodik dihadapan ratusan peserta.

Suasana sosialisasi Pilkada di MA Raudlatul Muta’allimin, Desa Opo-opo, Kecamatan Krejengan, Kamis (19/4 /2018). (maf)

Sementara, salah satu pemateri dari unsur pers, Babul Arifandhie menyebut, pemilih pemula memiliki peran strategis dalam pilkada serentak 2018. Sebab, kelompok pemilih pemula dengan kemampuan intelektualnya, dapat mengajak masyarakat untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pilkada.

“Pemilih pemula mempunyai kemampuan menyerap informasi seputar pilkada, lebih cepat daripada pemilih dewasa. Oleh karenanya, pemilih pemula bisa menjadi agen mobilisasi massa agar masyarakat yang dulunya apatis menjadi lebih aktif dalam pilkada,” papar dia.

Hanya saja, jelas jurnalis salah satu media elektronik swasta nasional ini, pemilih pemula harus jeli dalam menimba informasi pemilu. Hal ini tak lain karena banyak informasi sepihak, yang jusru provokatif dan adu domba. “Referensinya, selain sosialisasi seperti ini, ya bisa melalui media massa, tapi media massa yang kompeten,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala MA Raudlatul Muta’allimin, Ahmad Zainullah Fatah mengaku optimis sosoalisasi itu mampu mendongkrak partisipasi pemilih. “Selain siswa dan santri, pesertanya juga dewan guru. Materi sosialisasi bisa diserap secara maksimal,” tutur pria berkaca mata ini. (*)

Baca Juga  Survey SEC : 26% Pemilih Pilwali Probolinggo Merupakan Undecided Voters

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhmamad

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …