Final, Ini Jumlah DPT Probolinggo Dalam Pilkada 2018

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak 845.901 warga di Kabupaten Probolinggo tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pilkada serentak 2018. Mereka yang terdaftar dalam DPT, berhak menyalurkan hak suara, baik untuk Pemilihan Bupati – Wakil Bupati maupun Pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur periode 2018 – 20123.

Jumlah DPT kali ini menyusut 11.610 jika dibandingkan DPT dalam Pilpres 2014 lalu, yang berada diangka 857.511 jiwa. Sementara jika jumlah DPT dibandingkan dengan Daftar Pemilih Sementara (DPS), maka jumlahnya berkurang sebesar 11.323. Dalam pleno sebelumnya, DPS berada diangka 857.224.

Penyusutan jumlah DPT, menurut Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Probolinggo, Sugeng Harianto, bisa disebabkan banyak hal. “Bisa diakibatkan karena meninggal dunia, terdapat data ganda hingga pindah domisili,” jelas Sugeng, Kamis (19/4/2018).

Sedangkan untuk kecamatan dengan DPT terkecil, diketahui berada di Kecamatan Sukapura yakni 15.450. sebaliknya, DPT terbanyak adalah Kecamatan Tongas dengan jumlah 50.281 DPT. “Untuk Kecamatan Kraksaan, terdapat 48.365 DPT. Selain itu, ada 2.780 pemilih baru dan TMS (Tidak Memenuhi Syarat_red) sebanyak 14.103,” tegas Sugeng.

Jumlah DPT ini, menurut Sugeng, sudah valid dan tidak terpengaruh oleh warga yang menggunakan KTP-EL atau surat keterangan (Suket) dari Dispenduk Capil. “Masyarakat yang tidak masuk DPT, tetap bisa menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan KTP-EL atau Suket dari Dispenduk Capil,” paparnya.

Sementara Panwaslu Kabupaten Probolinggo meminta agar KPU mengikuti dan menyesuaikan jumlah DPT dengan Sistem Data Informasi Pemilih (Sidalih). Sebab, dalam masih terdapat sedikitnya 3.051 warga yang belum masuk database.

“Nanti kami akan minta kepada Dispenduk Capil untuk memberikan data itu, dan selanjutnya akan kami serahkan kepada masing-masing paslon, agar nanti turun sendiri, sehingga nanti ada masukan kepada PPK atau langsung kepada KPU,” cetus Ketua Panwaslu Kabupatten Probolinggo, Zaini Gunawan. (*)

Baca Juga  Catut Nama Sekda, Pasutri ini Lakukan Penipuan CPNS

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhamad

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …