MMC Protes KPU Soal APK Milik HATI

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tim pemenangan A. Malik Haramain – KH. Muzayyan Badri (MMC), memprotes Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo, terkait desain alat peraga kampanye (APK). Sebab, 2 desain APK milik paslon P. Tantriana Sari – HA. Timbul Prihanjoko (HATI) dianggap tak sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan.

Liason Officer (LO) dari tim MMC, Asy’ari mengatakan, pihaknya keberatan dengan pencantuman 39 klaim prestasi HATI selama menjadi Bupati – Wakil Bupati periode sebelumnya. Klaim prestasi itu, menurut Asy’ari tercantum dalam desain APK HATI.

“Kami keberatan, karena itu bertentangan dengan Peraturan KPU NO 4 tahun 2017 pasal 24 dan 29, yang menjelaskan bahwa dalam APK hanya mencantumkan program, visi misi, nomer urut, nama dan foto,” Asy’ari memaparkan, Selasa (20/3/2018).

Selain soal klaim prestasi, jelas Asy’ari, pihaknya juga keberatan lantaran dalam APK HATI turut mencantumkan PAN dan partai HANURA dalam gerbong koalisi. “Padahal kedua partai itu bukan partai pengusung dari paslon HATI,” imbuhnya.

Terkait protes ini, KPU Kabupaten Probolinggo menjelaskan bahwa sebagai penyelenggara pemilu, KPU hanya menerima desain dari pasangan calon dan tidak berhak merubah desain apapun. Oleh karena itu, KPU akan tetap mencetak APK yang diterima dari paslon HATI.

“Benar bahwa di Peraturan KPU NO 4 tahun 2017, dijelaskan bahwa APK bisa berisi visi misi, foto, program, nama, dan nomor urut paslon. Tetapi juga tidak harus disetujui oleh paslon lain,” tandas Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Erfan Ghazi.

Meskipun tidak ada penandatanganan dari tim MMC atas APK, tambah Erfan, pihaknya akan tetap melakukan tahapan pilkada yang sudah di tentukan. “Kami juga telah berkoordinasi dengan Panwaslu Kabupaten Probolinggo, yang menyatakan bahwa itu bukan pelanggaran,” tutup Erfan. (*)

Baca Juga  Edarkan Koplo, Ibu Muda di Maron Terancam Hukuman 15 Tahun

 

 

Penulis : Moch. Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhamad

 

Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …