Bahaya, Ular Sanca Raksasa di Kanigaran Lepas Dari Kandang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sempat geger atas temuan seekor ular Sanca Kembang, oleh warga jalan pahlawan, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, pada Senin lalu (19/02).

Keberadaan ular raksasa yang sempat menjadi peliharaan warga tersebut, kini dikabarkan lepas dari kandangnya. Meski kandang terbuat dari kawat, namun ular raksasa itu mampu menjebolnya dan melarikan diri pada Jum’at pagi (23/02/2018).

Salah seorang warga, Koespriyono menyampaikan, jika sebelum ular Sanca Kembang itu lepas, sempat terdengar suara gaduh dari kandangnya yang diletakkan di garasi motor. Selang beberapa menit kemudian, warga mengeceknya dan nyatanya telah hilang dari kandang.

“Sejak tertangkap ular raksasa itu, langsung di taruh di kandang kawat bekas kucing hias. kemudian kepala reptil tersebut, dibungkus dengan kaos kaki hitam. Ya diduga karena penutup mulutnya dilepas, akhirnya bisa kabur. Kalau begini ternak ayam warga, rawan hilang lagi. Seandainya terlihat, akan kami tangkap lagi hidup atau mati,” ungkap Koespriyono.

Sebagai informasi, Reptil raksasa yang memiliki lingkar sekitar 25 cm, dan panjang 5 meter itu, rencananya akan diambil oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Probolinggo-Lumajang. BKSDA, berencana mengonservasi ular tersebut.

Akan tetapi lantaran BKSDA dan warga tidak ada kata sepakat, karena warga mengharap uang pengganti lelah. Pengambilan ular pun tidak jadi dilakukan. Namun demikian, BKSDA tetap melakukan tindakan pada ular tersebut, yakni dengan melepas lakban sebagai penutup mulutnya.

Saat ini, selain khawatir ternak ayam hilang, warga juga semakin resah. Sebab, di sekitar lokasi tersebut, banyak anak kecil yang sering bermain di sekitar sungai tempat asal mula ular tersebut ditangkap. (guf/fly).

Baca Juga  Supeltas di Gempol Tewas Usai Seberangkan Truk

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …