Polisi Sebut Ambruknya Gedung SDN Palang Besi II Karena Kesalahan Prosedur

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Proses penyelidikan pasca ambruknya atap Sekolah Dasar Negeri (SDN) Palang Besi 2, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo beberapa waktu lalu terus dilakukan oleh Polres Probolinggo. Hasilnya, petugas menemukan indikasi kesalahan prosedur dalam proses renovasi gedung yang dilakukan pada tahun 2012 lalu.

Dari catatan polisi, 3 ruang kelas yang ambruk merupakan bangunan baru, dengan biaya pagu sebesar Rp. 64 juta. Artinya, ketiga ruangan itu dibangun dengan dana Rp. 192 juta yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). Seharusnya, bangunan berangka atap galvalum itu bertahan selama 20 tahun, sesuai dengan garansi dari pihak kontraktor.

Nyatanya, tak sampai 6 tahun dari masa renovasi, atap gedung sudah ambruk, pada Senin 12 Februari lalu. Runtuhnya bangunan membuat meja dan kursi belajar rusak parah, akibat tertimpa rangka galvalum dan genteng. Beruntung musibah itu tidak menimbulkan korban jiwa.

“Kami telah mengumpulkan beberapa barang bukti, dan sudah memintai keterangan pihak-pihak terkait. Dugaan sementara, ada kesalahan prosedur,” kata Kasat Reskrim Polres Probolinggo, AKP Riyanto, Senin (19/2/2018).

Kesalahan prosedur itu, jelas Riyanto adalah penggunaan rangka galvalum yang terlalu tipis. Dampaknya, saat diguyur hujan deras atau terkena angin kencang, atap gedung sekolah yang memiliki 76 anak didik itu mudah ambruk.

“Rangka galvalumnya terlalu tipis, tak sesuai prosedur. Indikasi korupsinya kelihatan dari sini,” papar mantan Kasat Reskrim Polresta Pasuruan ini.

Sementara Kepala SDN Palang Besi 2, Nurul Kustifah mengatakan bahwa pihaknya bakal menagih janji dari kontraktor, terkait garansi pemakaian 20 tahun. Selain itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, perihal rencana renovasi gedung. “Kami akan tagih janji kontraktornya,” jelas Nurul. (maf/arf).

Baca Juga  Curi HP, Rekaman CCTV Viral, HP Dikembalikan

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …